Keterangan gambar: Bupati Gunung Mas Jaya Samaya Monong menyampaikan sambutannya pada acara Bimtek guru honor yang akan mengikuti perekrutan atau tes seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK atau P3K) di GPU Damang Batu.

Kuala Kurun gunungmaskab.go.id – Sebagai bentuk upaya dukungan terhadap tenaga guru honor yang akan mengikuti perekrutan atau tes seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK atau P3K). Ikatan Guru Indonesia (IGI) Kabupaten Gunung Mas, Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) menggelar bimbingan teknis (Bimtek) kepada seluruh tenaga guru honor yang akan mengikuti seleksi P3K.

“Guru sebagai tenaga profesional memiliki tugas, fungsi dan kedudukan yang sangat sentral dan strategis dalam mewujudkan insan Indonesia yang cerdas, kompetitif, dan komprehensif,” kata Jaya Samaya Monong Bupati Gunung Mas di GPU Tampung Penyang Kuala Kurun, Jumat (30/4/2021).

Lebih lanjut Jaya Samaya Monong menuturkan, dalam rangka untuk memenuhi kebutuhan guru di seluruh Indonesia Pemerintah Pusat melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, akan membuka seleksi bagi guru honorer untuk diangkat menjadi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K), dengan formasi 1 juta Guru.

Pemerintah Kabupaten Gunung Mas menyambut Program Pemerintah Pusat tersebut melalui Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga, kita sudah menyampaikan data guru honorer Kabupaten Gunung Mas kepada Pemerintah Pusat, Puji Tuhan Formasi guru honorer untuk Kabupaten Gunung Mas lebih banyak dari jumlah guru honorer kita.

“Saya berpesan kepada para peserta untuk sungguh- sungguh mengikuti kegiatan ini, baik kegiatan yang dilaksanakan dalam ruang belajar maupun bimbingan on-line,” ungkapnya.

Untuk IGI serta Panitia beserta seluruh instruktur, pesan saya berikan layanan yang terbaik untuk peserta.

Kegiatan ini merupakan suatu terobosan yang baru bagi dunia pendidikan di Kabupaten Gunung Mas.

Harapan saya IGI sebagai salah satu organisasi profesi guru, kiranya terus konsisten melakukan pelatihan-pelatihan yang sifatnya untuk peningkatan kompetensi guru di Kabupaten Gunung Mas, terus menjalin sinergitas dengan pemerintah daerah khususnya dengan Dinas Pendidikan Kepemudaan dan olahraga Kabupaten Gunung Mas, serta organisasi profesi lainnya.

Sementara itu, ketua panitia Bimtek Yono mengatakan, ada tiga tujuan dari kegiatan bimtek yang pertama memandu peserta guru honorer memiliki dan mengaktifkan SIM PKB, yang kedua setelah Bimtek diharapkan Guru honorer mampu memanfaatkan akun SIMPKB secara maksimal, ketiga membantu peserta guru-guru honorer untuk mempersiapkan diri mengikuti seleksi tahun 2021.

Target peserta 400 orang jumlah peserta bimtek melebihi target, guru honorer yang mendaftar dan konfirmasi ikut kegiatan yakni, 453 orang dari berbagai jenjang TK/PAUD,SD,SMP,SMA,SMK se-Kabupaten Gunung Mas.

Narasumber dan instruktur Kepala Badan Kepegawaian dan Penelitian Sumber Daya Manusia Kab. Gunung Mas, Guanhin, Dewan Pakar IGI Pusat juga ketua Dewan Pembina IGI Pusat juga Dewan Pembina IGI Kalimantan Tengah Rusnani.

Lebih lanjut, Yono menuturkan, ada 12 orang Instruktur, 8 orang guru dan 4 orang dari Disdikpora, anggota IGI Kabupaten Gunung Mas guru-guru terbaik Aida Mantuh, guru berprestasi juara 1 Tingkat Provinsi Kalimantan Tengah 2020.