Keterangan gambar: Sekretaris Dinas Pendidikan dan Olahraga Rosalia, S.Sos saat membacakan sambutan tertulis Kepala Dinas.

Kuala Kurun gunungmaskab.go.id – Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Gunung Mas (Gumas) menggelar kegiatan pembinaan operator dapodik satuan PAUD Tahun 2021.

“Kami sangat berharap melalui kegiatan ini dapat memberikan manfaat yang berguna bagi kita semua khususnya bagi seluruh peserta kegiatan,” ujar Sekretaris Dinas Pendidikan dan Olahraga Rosalia, S.Sos saat membacakan sambutan tertulis Kepala Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga, di Aula Hotel Zefanya, Rabu (5/5/2021) sore.

Melalui kegiatan ini diharapkan peserta mampu memahami tentang sistem pengelolaan data Nasional data pokok pendidikan (DAPODIK) pada satuan PAUD.

Dapodik dibuat agar memudahkan seluruh sekolah di Indonesia pada proses pengumpulan data terhadap pemerintah pusat. Artinya tempat belajar berstatus negeri maupun swasta wajib mengisi dapodik.

Dimana sistem dapodik dibuat menggunakan internet sebagai pondasi. Hal itu dikarenakan proses pengumpulan data secara online lebih efektif serta efisien, sehingga dapodik bisa diandalkan

“Saya berharap, para peserta mampu memahami serta mengoperasi aplikasi DAPODIK dengan baik,” katanya.

Pendidikan anak usia dini merupakan salah satu bentuk penyelenggaraan pendidikan yang menitikberatkan pada peletakan dasar ke arah pertumbuhan dan 6 (enem) perkembangan agama dan moral fisik motorik, kognitif, bahasa sosial-emosional, dan seni.

Sesuai dengan keunikan dan tahapan-tahapan perkembangan usia yang dilalui oleh anak-anak usia dini seperti yang tercantum dalam Permendikbud 137 Tahun 2014 tentang standar Nasional PAUD (menggantikan Permendiknas 58 tahun 2009).

Dalam kesempatan yang sama Ketua Panitia penyelenggaraan kegiatan Vina Valentina Pasaribu, M.Si mengatakan, maksud dan tujuan kegiatan ini untuk memberikan pemahaman tentang sistem pendataan data skala Nasional data pokok pendidikan (DAPODIK) pada satuan PAUD serta memberikan pendampingan dalam mengoperasikan aplikasi DAPODIK pada satuan PAUD.

Jumlah peserta 40 orang terdiri dari operator DAPODIK satuan PAUD pada pembinaan kelembagaan dan manajemen PAUD, operator DAPODIK sekolah yang berasal dari lembaga se-Kabupaten Gunung Mas.

Sedangkan untuk narasumber sebanyak 3 orang, berasal dari BP – PAUD dan DIKMAS Provinsi Kalimantan Tengah dan Dinas Pendidikan Provinsi Kalimantan Tengah.

Lebih lanjut Vina Valentina Pasaribu, M.Si menerangkan, untuk kegiatan ini ada pendampingan dari kantor KP2KP Kuala Kurun, dan diharapkan semua peserta menggunakan laptop untuk praktek langsung terkait aplikasi DAPODIK.