FOTO : Pokja PPI RSUD Kuala Kurun saat peragakan tata cara mencuci tangan yang benar kepada pengunjung rumah sakit, Jumat (4/6/2021).

Kuala Kurun gunungmaskab.go.id – UPT RSUD Kuala Kurun sosialisasikan cuci tangan yang benar kepada pengunjung di area loket pendaftaran Instalasi Rawat Jalan (IRJ), Jumat (4/6/2021).

“Mencuci tangan adalah kegiatan yang tampaknya sepele, tetapi sebenarnya sangat penting untuk dilakukan,” kata Direktur UPT RSUD Kuala Kurun, dr. Rusni D. Mahar.

Ia mengatakan bahwa mencuci tangan, bukan hanya sebelum dan setelah makan, tetapi saat tangan kotor dan perlu dibersihkan. Misalnya sehabis bermain dengan hewan peliharaan, setelah menggunakan toilet, memegang tanah dan sebagainya.

“Sosialisasi ini dilakukan oleh tenaga IPCN UPT RSUD Kuala Kurun yang merupakan salah satu Pokja Pengendalian Pencegahan Infeksi (PPI) untuk memenuhi Standar Akreditasi Rumah Sakit,” tandasnya.

Cuci tangan juga sebaiknya jangan dilakukan secara asal. Bersihkan tangan dengan air mengalir dan sabun dengan cara yang benar agar kotoran dan kuman benar-benar hilang.

Dia berpesan agar seluruh pengunjung rumah sakit wajib mencuci tangan dan menggunakan masker. Dengan rajin mencuci tangan maka dapat mencegah penyakit pencernaan maupun pernapasan.

“Bukan itu saja, mencuci tangan juga dapat menghindari dari infeksi bakteri yang dapat menyerang mata, infeksi kulit bahkan demam,” sebutnya.

Kuman serta bakteri dapat menyebar dari orang lain atau ke permukaan benda melalui beberapa cara, yaitu saat menyentuh mata, hidung, dan mulut sebelum mencuci tangan. Kedua Menyentuh makanan sebelum mencuci tangan. Ketiga Menutup hidung dan mulut saat bersin menggunakan tangan. Kemudian menyentuh orang lain atau benda tanpa mencuci tangan.

Selanjutnya mencuci tangan dengan sabun saja tidak cukup, berikut ini cara mencuci tangan yang benar yang perlu ketahui yakni, di bawah air yang mengalir, basahi kedua tangan dari telapak tangan sampai pertengahan lengan. Tuangkan sabun secukupnya dan oleskan ke kedua tangan hingga menutupi seluruh permukaan tangan. Gosok kedua telapak dan punggung tangan secara bergantian.

Jangan lupa gosok juga jari-jari tangan dan sela-sela jari sampai bersih. Bersihkan juga ujung jari secara bergantian dengan cara mengatupkan. Bersihkan kedua ibu jari tangan secara bergantian dengan cara menggenggam dan memutar ibu jari secara bergantian.

Letakkan ujung jari-jari kamu ke telapak tangan, kemudian gosok secara perlahan. Lakukan juga hal yang sama dengan tangan yang satunya lagi. Setelah itu, bilas kedua tangan dengan air yang mengalir.

Mencuci tangan menjadi kebiasaan dan salah satu pencegahan virus covid-19.

“Keringkan kedua tangan dengan menggunakan handuk atau tisu kering yang bersih. Gunakan handuk atau tisu tersebut untuk menutup keran air,” pungkasnya.