Kuala Kurun gunungmaskab.go.id – Asisten Perekonomian dan Pembangunan Richard sebagai Ketua Panitia memimpin rapat persiapan pelaksanaan upacara Hari Ulang Tahun (HUT) ke-76 Republik Indonesia Tahun 2021, di ruang rapat lantai 1 kantor Bupati Gunung Mas, Rabu (4/8/2021).

Tema Nasional yang diangkat adalah “Indonesia Tangguh Indonesia Tumbuh.” Tema dan logo dapat diunduh pada situs web resmi Kementerian Sekretariat Negara (www.setneg.go.id).

Asisten Perekonomian dan Pembangunan menyampaikan arahannya menyikapi suasana saat ini yang masih dalam masa pandemi Covid-19 terkait rencana pelaksanaan nantinya akan tetap dilaksanakan upacara HUT Kemerdekaan RI ke-76 dengan selalu menerapkan protokol kesehatan.

“Karena pada detik-detik proklamasi ini diharapkan Kepala Daerah dan unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) bisa mengikuti secara virtual pada pukul 10.00 WIB bertempat di ruang rapat lantai 1 kantor Bupati Gunung Mas,” ucap Asisten.

Ia pun menambahkan, sesuai pedoman peringatan HUT ke-76 RI Tahun 2021 yang telah ditetapkan, bahwa pada tanggal 16 Agustus pukul 09.08 WIB akan mendengarkan Pidato Presiden Republik Indonesia pada Sidang Tahunan MPR-RI dan Sidang Bersama DPR-RI dan DPD-RI Tahun 2021, dilanjutkan dengan agenda penyampaian RUU APBN Tahun Anggaran 2022 dan Nota keuangan beserta Dokumen pendukung pada Rapat Paripurna pembukaan masa persidangan I DPR-RI Tahun Sidang 2021-2022 yang diikuti oleh Forkopimda serta Anggota DPRD Kabupaten Gunung Mas di ruang sidang paripurna DPRD Gunung Mas.

Diimbau kepada seluruh masyarakat Kabupaten Gunung Mas mulai tanggal 1 Agustus sampai tanggal 31 Agustus diwajibkan untuk  mengibarkan bendera merah putih, di setiap halaman rumah, kantor milik pemerintah, BUMN dan swasta serta rumah ibadah.

Kemudian untuk kemeriahan HUT RI ke-76 ini tetap dilakukan pemasangan umbul-umbul dan spanduk, baik itu di kantor pemerintah maupun swasta tetap dipasang.

Dalam pelaksanaan upacara nantinya ada yang berbeda yaitu saat peringatan detik-detik proklamasi jumlah peserta dibatasi untuk setiap Perangkat Daerah hanya diikuti oleh tiga orang ASN.

“Kita akan adakan rapat satu kali lagi untuk pemantapan sebelum pelaksanaan hari H, dua kali rapat saja untuk rapat yang pertama ini sudah ada langkah-langkah kita untuk mempersiapkan peringatan HUT RI Ke-76 Kemerdekaan Republik Indonesia,” tandasnya.