Kuala Kurun gunungmaskab.go.id – Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Gunung Mas menggelar acara pelatihan dan pembinaan calon Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Kabupaten Gunung Mas Tahun 2021, Kamis (5/8/2021).

Sebanyak 62 siswa/siswi pilihan dari berbagai SMA/SMK se-Kabupaten Gunung Mas yang mengikuti pelatihan ini. Mereka nantinya akan melakukan tugas negara pada peringatan Hari Ulang Tahun ke-76 Republik Indonesia tingkat Kabupaten.

Pelatihan dibuka secara resmi oleh Kepala Disdikpora Esra di GPU Damang Batu,  turut hadir dalam acara tersebut, Ketua Purna Paskibraka (PPI) Kabupaten Gunung Mas Kaperdo, para pelatih Paskibraka Kabupaten Gunung Mas dari TNI POLRI.

Kepala Disdikpora mengatakan, program pelatihan yang pada saatnya nanti akan adik-adik lewati mungkin dirasakan cukup keras, tetapi itulah standar utama yang harus dijalani oleh semua calon anggota Paskibraka, seperti pembentukan kepribadian, jiwa patriotis, disiplin/kepatuhan, dan rasa kebersamaan dalam tim yang diwujudkan dalam gerakan bersama yang serasi dan terpadu dalam satu barisan.

“Kepada adik-adik, harus bangga karena dari sekian banyak pemuda-pemudi di Kabupaten Gunung Mas, kalian adalah orang yang terpilih dan mendapat kesempatan dalam tugas yang mulia sebagai anggota Paskibraka tahun ini,” ucapnya.

Kegiatan Paskibraka bukanlah merupakan rutinitas belaka, tetapi merupakan salah satu alat untuk membentuk karakter generasi muda Indonesia yang bersatu dalam Pasukan Pengibar Bendera Pusaka.

Menurutnya jika lulus dan memenuhi kriteria hasil pelatihan maka yang lolos pasti akan dikukuhkan sebagai anggota Paskibraka Kabupaten Gunung Mas Tahun 2021.

Tetapi bagi yang tidak mampu dan belum memenuhi persyaratan yang telah ditetapkan dalam pelatihan maka dengan sangat terpaksa akan dikembalikan kepada sekolah pengiriman masing-masing.

“Meskipun masih dalam kondisi pandemi, jangan terlalu takut  dan khawatir, tetapi juga kita harus tetap waspada. Jaga pola makan dan tetap terapkan protokol kesehatan, ikuti secara seksama dan penuhi berbagai ketentuan yang telah ditetapkan oleh panitia, bina damping dan pelatih,” tegasnya.

Kepala Bidang Kepemudaan Siren mengatakan calon anggota Paskibraka akan dilatih oleh anggota Polres Gumas sejumlah 2 orang dan anggota Koramil 1016-06 Kurun sejumlah 2 orang.

“Selama pelaksanaan kegiatan pelatihan akomodasi para calon anggota Paskibraka akan ditampung di Hotel Gunung Mas yang beralamatkan di Jalan Sangkurun Kuala Kurun,” pungkasnya.