Foto : Bupati Gunung Mas Jaya Samaya Monong melepas Tim Ekspedisi Panjat Tebing Puruk Sandukui Gunung Mas Tim Skyger Vertical Voyage Indonesia di halaman kantor Bupati.

Kuala Kurun gunungmaskab.go.id – Bupati Gunung Mas Jaya Samaya Monong melepas Tim Ekspedisi Panjat Tebing Puruk Sandukui Gunung Mas Tim Skyger Vertical Voyage Indonesia di halaman kantor Bupati Gunung Mas, Kamis (12/8/2021).

Dalam arahan Bupati Gunung Mas Jaya Samaya Monong mengatakan, khususnya tim Skyger Vertical Voyage Indonesia yang baru datang di Kabupaten Gunung Mas, saya atas nama Pemerintah Kabupaten Gunung Mas mengucapkan selamat datang.

“Kami mendukung kegiatan ini adalah dalam rangka peringatan HUT Republik Indonesia ke 76 Tahun dan juga menumbuhkan cinta kita kepada alam, dalam hal ini khususnya rekan-rekan yang melaksanakan panjat tebing di Puruk Sandukui di Kabupaten Gunung Mas,” ujarnya.

Pada kesempatan ini, kami menyambut baik kegiatan hari ini karena sejalan dengan program Pemerintah Kabupaten Gunung Mas yakni Smart Tourism yaitu Pariwisata yang cerdas.

“Kita mempromosikan daerah kita Kabupaten Gunung Mas terkait dengan pariwisata yang salah satunya adalah Puruk Sandukui, memang banyak potensi-potensi pariwisata di Gunung Mas atau objek wisata yang berbasis alam,” ungkapnya.

Program ini sungguh luar biasa, panjat tebing yang dilaksanakan oleh Skyger Vertical Voyage Indonesia, merupakan salah satu cara untuk mempromosikan pariwisata di wilayah Kabupaten Gunung Mas khususnya dari sektor Pariwisata.

“Saya berpesan kepada Skyger Vertical Voyage Indonesia, jangan lupa selalu berdoa, agar diberikan kesehatan dan kekuatan panjat tebing ini menantang adrenalin dan risikonya sangat tinggi,” harapanku.

Lebih lanjut, Bupati tersebut menambahkan supaya betul-betul dicek kembali, siapa tau ada hal yang kecil terlupakan peralatan keamanannya dicek kembali, karena keselamatan itu adalah hal utama.

Melalui kegiatan ini setelah sampai di sana supaya permisi dengan wilayah Kecamatan Miri Manasa khususnya di sekitar Puruk Sandukui supaya mereka tahu keberadaan dan kehadiran teman-teman.

Kalau di lapangan ada hal yang perlu dikoordinasikan dengan tim yang di Kabupaten Gunung Mas, dan juga tim dari Kalteng sehingga kegiatan ini bisa berjalan dengan baik dan lancar dan pulangnya nanti dalam keadaan selamat sehat walafiat.

Sementara itu, Ketua Tim Skyger Vertical Voyage Indonesia Dadeng Mulyana mengatakan, tujuan dari kegiatan ini adalah perintisan jalur menuju ke puncak setelah itu pembuatan jalur sport bagus, jalur sport bagus ini jalur yang disediakan penanganannya secara permanen untuk dipanjat.

Lebih lanjut disampaikannya setelah kita balik ke Bandung sudah terpasang orang-orang yang datang k esitu tidak membutuhkan peralatan yang banyak, bawa peralatan yang simpel saja sudah bisa memanjat ke puncak Puruk Sandukui.

Dadeng Mulyana juga menyampaikan bahwa kegiatan ini juga akan dilakukan pengibaran bendera merah putih dan bendera lambang Gunung Mas dalam rangka HUT RI ke-76 tahun.

Kegiatan panjat tebing ini berkisar 9 (Sembilan) hari, sudah masuk ke puncak, untuk jumlah personel dari Bandung 7 (tujuh) orang, dari Jakarta 1 (satu) orang untuk atletnya 6 (enam) orang, untuk tim dokumentasinya 2 (dua) orang.