Kuala Kurun gunungmaskab.go.id – Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Gunung Mas menggelar acara pengambilan sumpah janji 6 Pegawai Negeri Sipil ini dilakukan oleh Kepala Dinas Edwin Yustian atas nama Bupati Gunung Mas Jaya Samaya Monong.

“Saya menyampaikan ucapan selamat kepada para Pegawai Negeri Sipil yang baru saja mengucapkan Sumpah/Janji Pegawai Negeri Sipil yang kita saksikan tadi, semoga saudara-saudari selalu mendapatkan berkat dan rahmat dari Tuhan Yang Maha Kuasa dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab yang mulia,” ucap Edwin Yustian saat menyampaikan sambutannya, Senin (16/8/2021).

Sesuai Peraturan Pemerintah Nomor 21 tahun 1975 tentang Sumpah/Janji PNS yang diwujudkan dalam pernyataan kesanggupan untuk tidak melakukan suatu larangan bagi setiap PNS.

“Oleh Karena itu dengan pernyataan kesanggupan tersebut maka dapat diartikan bahwa dengan mengucapkan sumpah/janji ini saudara telah berkarat dan berkomitmen untuk menerima dan menjalin secara totalitas segala konsekuensi profesi sebagai PNS,” terang Edwin Yustian.

Lebih lanjut Edwin Yustian mengucapkan sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 53 Tahun 2010 tentang Disiplin Pegawai Negeri Sipil, dapat diartikan bahwa Sumpah/Janji merupakan suatu kesanggupan untuk mentaati aturan yang berlaku serta melaksanakan tugas kedinasan yang dipercayakan atasan dan menjauhi semua larangan.

Karena Sumpah/Janji pada hakikatnya juga merupakan kesanggupan terhadap Tuhan, karena saudara bersumpah dan berjanji bukan saja dihadapan manusia tetapi juga di hadapan Tuhan.

“Mari taati tugas yang telah dipercayakan dengan sebaik-baiknya dengan penuh keikhlasan, kejujuran, tanggung jawab serta senantiasa mengutamakan kepentingan negara daripada kepentingan pribadi,” harapnya.

Kepada para saksi sebagai Pejabat Eselon III diharapkan dapat melakukan pembinaan dengan baik kepada PNS yang menjadi bawahannya guna meningkatkan kinerja sebagai upaya untuk meningkatkan kesejahteraan bagi PNS di lingkungan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Gunung Mas.

“Kita semua yang hadir pada saat ini, bekerjalah dengan baik, jujur, adil, dan bertanggung jawab sesuai dengan tugas pokok dan fungsi masing-masing, tingkatkan profesionalisme serta tingkatkan kualitas pelayanan publik dengan mengutamakan transparansi dan akuntabilitas kerja,” tegas Edwin Yustian.