Kuala Kurun gunungmaskab.go.id – Tingginya curah hujan beberapa hari lalu di Kabupaten Gunung Mas, mengakibatkan beberapa kecamatan dan desa di Kabupaten Gunung Mas terendam banjir.

Tiga kecamatan yang terkena banjir cukup parah yaitu Kecamatan Kahayan Hulu Utara, Kecamatan Miri Manasa, dan Kecamatan Damang Batu.
Hal tersebut disampaikan oleh Champili selaku Kepala BPBD Kabupaten Gunung Mas saat ditemui di Kuala Kurun,senin 23/08/21.

“Hari ini tiga kecamatan tersebut hampir semua desanya terendam banjir, terutama desa di daerah bagian hulu” ucapnya.

Akibat banjir tersebut akses transportasi darat yang menuju ke tiga kecamatan tersebut terputus total. Bahkan banjir tersebut sudah mulai memasuki wilayah Kecamatan Tewah dan Rungan.

Hingga saat ini warga desa yang rumahnya terendam banjir masih memilih bertahan di desanya sendiri.

Kepala BPBD Kabupaten Gunung Mas itu menerangkan penyebab terjadinya banjir di bagian hulu tersebut tidak hanya karena curah hujan yang tinggi di daerah tersebut, namun juga beberapa faktor lainnya seperti adanya aktivitas PBS, penambangan liar, dan penebangan hutan di daerah tersebut.

Dalam kasus ini, BPBD Kabupaten Gunung Mas belum mengambil tindakan, namun tetap terus memantau perkembangan banjir di Kabupaten Gunung Mas.

“Kami belum bisa mengeluarkan surat ataupun tindakan lainnya karena banjir tersebut belum mencapai 3 hari, sesuai SOP jika sudah 3 hari kami akan langsung mengambil tindakan namun kami masih tetap terus memantau banjir tersebut” ungkap Kepala BPBD Kabupaten Gunung Mas.