KUALA KURUN – Saat ini, sudah dipersiapkan ruang isolasi terpusat Covid-19, yang terletak di eks Kantor Badan Lingkungan Hidup, Jalan Brigjen Katamso, Kota Kuala Kurun. Disana, tersedia 33 ruangan untuk menampung warga yang terkonfirmasi Covid-19, terdiri dari sembilan ruang untuk perempuan dan 25 untuk laki-laki.

TINJAU : Bupati Gumas Jaya Samaya Monong didampingi Kapolres AKBP Irwansah, Kejari Anthony, Pabung Kodim 1016 Plk Mayor Inf Idham Khalid, dan lainnya, ketika meninjau ruang isolasi terpusat di eks Kantor Badan Lingkungan Hidup, Senin (23/8).

”Ruang isolasi terpusat ini gratis atau tidak dipungut biaya, untuk warga yang terkonfirmasi positif Covid-19. Kalau ada oknum yang minta bayaran, laporkan ke pihak yang berwajib,” ucap Bupati Gumas Jaya S Monong, usai meninjau ruang isolasi terpusat Covid-19, Senin (23/8).

Dia mengatakan, keberadaan ruang isolasi terpusat tersebut merupakan salah satu langkah dan upaya dari pemerintah, dalam menyediakan berbagai fasilitas penanganan dan pelayanan kesehatan di tengah pandemi Covid-19.

”Ini juga sejalan dengan apa yang sudah saya sampaikan pada 17 Agustus lalu, bahwa kita harus segera merdeka dari Covid-19. Selain itu, kita juga harus memastikan proses vaksinasi berjalan dengan baik,” tuturnya.

Terkait vaksinasi, kata dia, berbagai upaya juga sudah dilakukan, yakni dengan mengirimkan surat Gubernur, Kapolda Kalteng, dan Danrem 101 Panju Panjung dalam percepatan proses vaksinasi Covid-19, sehingga Kabupaten Gumas bisa terbebas dari Covid-19.

”Kami ingin seluruh warga di Bumi Habangkalan Penyang Karuhei Tatau ini untuk mengikuti pelaksanaan vaksinasi. Jangan sampai ada warga yang takut divaksin,” tegasnya.

Saat ditanya terkait peninjauan di ruang isolasi terpusat Covid-19, kata Jaya, itu dilakukan untuk melihat sejauh mana kesiapan rumah isolasi terpusat Covid-19 khusus Kecamatan Kurun, dimana pemkab menyediakan sarana dan prasarana, tenaga kesehatan, dengan dibantu oleh kepolisian, TNI, dan Satpol PP.

”Untuk sekarang ini, belum ada warga yang menempati ruang isolasi terpusat Covid-19. Artinya, warga kita banyak yang sehat,” tukasnya.