TINJAU : Dirreskrimum Polda Kalteng Kombes Budi Haryanto didampingi Bupati Gumas Jaya Samaya Monong, Kabag Ops AKP Tri Wibowo, Camat Rungan Osner Sagala, dan Kapolsek Rungan Ipda Fedrick Liano, meninjau pelaksanaan vaksinasi Covid-19, di Halaman Mapolsek Rungan, Jumat (24/9).

KUALA KURUN gunungmaskab.go.id – Kepolisian Daerah (Polda) Kalimantan Tengah (Kalteng) bersama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gunung Mas (Gumas) menggelar vaksinasi Covid-19, dengan tema serbuan batalyon vaksinator, yang dilaksanakan di Mapolsek Rungan, Kelurahan Jakatan Raya, Kecamatan Rungan, Jumat (24/9/2021).

Bupati Gumas Jaya Samaya Monong mengatakan, vaksinasi Covid-19 ini diprakarsai oleh Kapolda Kalteng dengan tema serbuan batalyon vaksinator, yang bekerjasama dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) dan semua stakeholder terkait, sehingga program vaksinasi terlaksana 100 persen dan Kabupaten Gumas merdeka dari Covid-19.

”Ini bagian dari upaya untuk mendukung Kabupaten Gumas segera merdeka dari Covid-19. Kami pun berterima kasih kepada Kapolda Kalteng yang telah mendukung vaksin Covid-19 di Kecamatan Rungan,” terangnya.

Bersamaan dengan vaksinasi ini, tambah dia, juga diberikan bantuan sosial (bansos) secara simbolis kepada perwakilan warga yang terdampak banjir. Di Kecamatan Rungan, ada 194 Kepala Keluarga (KK) dan 747 jiwa yang tersebar di lima desa. Total bansos sebanyak 194 paket sembako, dan beras 2.091,6 kilogram.

”Rincian lima desa yang terdampak yaitu, Desa Tumbang Jutuh sembilan paket beras 89,6 kilogram, Tumbang Baringei 28 paket beras 358,4 kilogram, Linau 28 paket beras 327,6 kilogram, Tumbang Malahoi 90 paket beras 822 kilogram, dan Tumbang Bunut 22 paket beras 252 kilogram. Kami berharap ini bisa meringankan beban warga yang terdampak banjir di Kecamatan Rungan,” kata Bupati Gunung Mas Jaya Samaya Monong.

Sementara itu, Kapolres Gumas AKBP Irwansah, melalui Kabag Ops AKP Tri Wibowo mengatakan Serbuan batalyon vaksinator ini digalakkan oleh Kapolda Kalteng kepada seluruh polres jajaran se-Polda Kalteng, termasuk Polres Gumas,” ucapnya.

Dia mengatakan, ketersediaan dan target vaksinasi di Polsek Rungan sebanyak 658 dosis. Ini diyakini dapat tercapai karena melihat antusias masyarakat yang sangat besar. Semoga ini bisa membangkitkan gairah masyarakat, untuk mengikuti program vaksinasi.

”Antusias masyarakat sangat besar, sehingga target vaksinasi hari ini kemungkinan bisa tercapai. Kami berharap jumlah masyarakat yang sudah divaksin bisa mencapai 70-80 persen, sehingga terbentuk herd immunity, sesuai dengan program pemerintah,” ujarnya.

Selain vaksinasi, kata dia, juga dilakukan bakti sosial (baksos) dengan memberikan paket sembilan bahan pokok (sembako) kepada masyarakat yang sudah divaksin. Tujuan utama baksos ini untuk menarik minat masyarakat, agar mengikuti vaksinasi Covid-19.

”Jadi kami sifatnya melakukan gebrakan dengan memberikan baksos untuk meningkatkan motivasi masyarakat mengikuti vaksinasi, yang tentu mengarah pada Kabupaten Gumas merdeka dari Covid-19,” pungkasnya.