Kuala Kurun gunungmaskab.go.id – Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) menggelar Rapat Kerja Daerah (Rakerda)  Kabupaten Gunung Mas tahun 2021 dengan tema bertajuk “Kemitraan dan sinergitas menjadi kunci dalam mewujudkan keluarga berdaya dan sejahtera” kegiatan ini dibuka oleh Bupati Gunung Mas Jaya Samaya Monong di GPU Damang Batu, Kamis (30/9/2021).

Dalam sambutannya  Bupati Jaya Samaya Monong mengucapkan  selamat datang di Kota Kuala Kurun peserta Rakerda Tim Penggerak PKK Kecamatan se-Kabupaten Gunung Mas, semoga tetap semangat dalam mengikuti rangkaian kegiatan Rakerda.

“Saya berharap Rakerda Tim Penggerak PKK dapat mengevaluasi dan mensinergikan program PKK dari tingkat pusat sampai Kecamatan,” ucapnya.

Salah satu tujuan gerakan PKK yaitu keluarga yang berdaya dan sejahtera yaitu keluarga yang memiliki kemampuan untuk meningkatkan kualitas dan taraf hidupnya baik dari aspek ekonomi, pendidikan, kesehatan, sosial budaya.

Dirinya juga menyampaikan bahwa gerakan PKK dalam merencanakan program dan kegiatan selaras dengan prioritas program dan kegiatan nasional dan daerah.

“Karena Tim Penggerak PKK, sebagai mitra kerja pemerintah memiliki peran penting dalam mendukung program pemerintah dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia.

“Kepada Tim Penggerak PKK Provinsi Kalimantan Tengah yang juga sekaligus sebagai narasumber pada kegiatan ini kiranya dapat memberikan informasi hasil Rakernas yang terkait dengan program pokok PKK yang menjadi program prioritas pusat,” jelasnya.

“Saya berharap Penggerak PKK dan kader PKK dapat lebih bersemangat  untuk melaksanakan 10 program pokok PKK sebagai partisipasi dalam membangun Kabupaten Gunung Mas tercinta,” jelasnya.

Ketua TP PKK Kabupaten Gunung Mas Mimie Mariatie Jaya Samaya Monong menerangkan, gerakan PKK adalah gerakan yang mengedepankan pemberdayaan masyarakat, bangun kerjasama dengan lembaga lain, serta responsif terhadap kebutuhan masyarakat.

Melakukan pembinaan pada kelompok-kelompok PKK/Dasawisma Desa/Kelurahan Lokus Stunting sudah berjalan dari tahun 2020-2021, dan dalam waktu dekat ini akan ada penilaian kelompok Dasawisma dan Upaya Peningkatan Pendapatan Keluarga tingkat Kabupaten Gunung Mas.

“Mari tetap jaga komitmen dan dedikasi untuk memajukan gerakan PKK, siapapun yang menjadi ketua, tak lupa kami juga mengharapkan dukungan dari Bupati dan Camat sebagai ketua Pembina PKK di wilayah masing-masing.”

Pelaksanaan Rakerda PKK Tahun 2021 Tingkat Kabupaten Gunung Mas dilaksanakan tanggal 29 sampai dengan 30 September 2021, dihadiri ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan serta seluruh peserta Rakerda Tim Penggerak PKK.

Turut hadir Wakil Bupati Efrensia L.P. Umbing, Forkopimda, Kepala Perangkat Daerah dan undangan lainnya.