KUALA KURUN gunungmaskab.go.id  –  Bupati Gunung Mas (Gumas) Jaya Samaya Monong menjadi Inspektur Upacara dalam rangka memperingati Hari Kesaktian Pancasila di halaman  kantor Bupati, Jumat (01/10/2021).

Peringatan hari kesaktian Pancasila ini dengan tema Indonesia Tangguh Berlandaskan Pancasila.

“Apa yang menjadi tema ini betul-betul diwujudkan dan diimplementasikan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara kita harus pertahankan, kita harus mengamalkan ideologi Pancasila dalam menjalankan tugas sehari-hari,” tutur Bupati.

Bupati mengatakan makna dari Kesaktian Pancasila, yakni mampu menjadi perekat seluruh perbedaan yang ada, dan memiliki makna yang sakral, karena Pancasila adalah alat pemersatu bangsa.

“Yang tidak kalah penting juga nilai-nilai luhur Pancasila ini harus diamalkan dalam kehidupan sehari-hari demi menjaga persatuan, persaudaraan dan keutuhan NKRI,” ucap Jaya Samaya Monong.

Tak lupa, Bupati juga mengucapkan terimakasih kepada seluruh pejuang yang telah menyusun dan merumuskan Pancasila, dan berharap Pancasila tetap kokoh sepanjang waktu untuk menjaga keutuhan NKRI.

“Saya minta kepada warga masyarakat Kabupaten Gunung Mas jangan terpengaruh upaya-upaya dari oknum tertentu yang ingin mengacaukan persaudaraan dan kesatuan, kita tetap mempertahankan ideologi Pancasila, Pancasila sebagai dasar Negara dan tetap Bhineka Tunggal Ika, karena NKRI harga mati,” tandasnya.

Turut Hadir Kejari Gunung Mas Anthony, Waka Polres Gunung Mas Kompol Daeng Riandika Wakil Ketua Pengadilan Negeri Ega Shaktiana, Pabung 1016 PLK, Mayor Inf. Idham Khalid, yang mewakili Ketua Pengadilan Agama, Sekretaris Daerah Kabupaten Gunung Mas Yansiterson, kepala perangkat daerah dan undangan lainnya.