Kuala Kurun gunungmaskab.go.id – Bupati Gunung Mas Jaya Samaya Monong didampingi Wakil Bupati Efrensia L.P Umbing, menyerahkan langsung Bantuan Sosial (Bansos), diantaranya berupa beras dan paket sembako secara simbolis kepada warga desa Kecamatan Miri Manasa, yang dilaksanakan di aula Kecamatan, Rabu (29/09/2021).

Bupati Gumas menjelaskan, bahwa ketersediaan paket bahan pokok dan beras kepada masyarakat terdampak banjir, yang tersebar di seluruh Kecamatan Kabupaten Gunung Mas (Gumas), yaitu ada 3.661 dan beras sebanyak 37.690 Kg.

“Jumlah warga yang terdampak banjir di kecamatan miri manasa, ada, 219 Kepala Keluarga (KK), yang tersebar di satu kelurahan dan empat desa,” ucap Jaya dalam wawancaranya, (29/9).

Dirinya mengatakan, jumlah kepala keluarga yang terdampak banjir di Kelurahan Tumbang Napoi, ada 124 KK, Desa Tumbang Masukih 33 KK, Desa Tumbang Hatung 17 KK, Tumbang Manyoi 12 KK dan Desa Mangkuhung sebanyak 27 KK, “Jadi jumlah paket sembako 213 dan beras 2.349,2 kg,” ujarnya.

Bupati Gumas berharap, dengan bantuan ini dapat meringankan beban warga yang terdampak banjir di wilayah Kecamatan Miri Manasa.

Disamping penyerahan bansos, Bupati juga mensosialisasikan tentang vaksinasi, covid 19.“Ini salah satu upaya kita bersama untuk mendukung Kabupaten Gunung Mas, segera merdeka dari Covid -19,” ucapnya.

“Saya berharap, masyarakat tumbang napoi dapat berperan aktif ikut serta pelaksanaan vaksinasi dan sadar akan kesehatan diri sendiri dan orang sekitarnya,” ujarnya.

Jaya menerangkan, masyarakat tidak perlu untuk takut divaksin karena, jenis vaksin sudah melewati uji klinis dan halal.

Ia menyampaikan kepada masyarakat yang belum divaksin, agar segera mendatangi puskesmas terdekat atau rumah sakit supaya dapat divaksin. “Saya katakan, kita harus jujur kepada petugas kesehatan apabila ada keluhan penyakit,” tukasnya.

Turut hadir Kepala Dinas Sosial Jhonson Ahmad, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Champili, Kepala Dinas Pekerjaan Umum Baryen, Camat dan masyarakat setempat.