Kuala Kurun gunungmaskab.go.id – Pembukaan Rapat Koordinasi dan Pengendalian (RAKORDAL) dan Evaluasi Pelaksanaan Perencanaan Pembangunan serta Realisasi APBD Pemerintah Kabupaten Gunung Mas Triwulan III Tahun 2021.

“Tahun Anggaran 2021, kita mengalami beberapa penyesuaian mulai dari arah kebijakannya, program/kegiatan/sub kegiatan, sasaran dan target kegiatan/sub kegiatan, hingga refocusing anggaran. Hal tersebut sesuai dengan ketentuan perundangan  yang berlaku terhadap perkembangan kondisi di lapangan serta isu-isu strategis lainnya, contohnya penanganan Covid-19,”  ucap Wakil Bupati Gunung Mas Efrensia L.P. Umbing ketika membacakan sambutan tertulis Bupati di Aula Bapeddalitbang pada Jumat, 08 Oktober 2021.

Penanganan Covid-19 masih menjadi salah satu agenda prioritas mulai dari Pusat hingga Daerah.

Lebih lanjut Efrensia L.P. Umbing, mengungkapkan Pada tanggal 15 Februari 2021, Kementerian Keuangan Republik Indonesia menerbitkan arah kebijakan keuangan terbaru dengan Nomor 17/PMK.07/2021 tentang Pengelolaan Transfer ke Daerah dan Dana Desa Tahun Anggaran 2021 dalam rangka Mendukung Penanganan Pandemi Coronavirus Disease 2019 (COVID-19) dan Dampaknya.

Kemudian Kebijakan tersebut mengakibatkan adanya perubahan struktur APBD 2021 dan penjabarannya sehingga pelaksanaan pembangunan yang sudah direncanakan pada tahun 2020 menjadi tertunda karena menunggu penetapan pergeseran mendahului perubahan APBD 2021, di mana penetapan tersebut telah dilakukan pada tanggal 5 Mei 2021 yang lalu.

“Saya berharap kegiatan ini memberi ruang untuk kita dalam memberi masukan dan saran agar kita mencapai target kinerja Tahun 2021,” harap Wabup Efrensia L.P. Umbing.

Sementara itu dalam kesempatan yang sama Sekretaris Bappedalitbang Eligato menyampaikan laporan Kepala Bappedalitbang Gumas menambahkan, tujuan dari kegiatan ini adalah Evaluasi Pelaksanaan Perencanaan Pembangunan serta Realisasi APBD Pemerintah Kabupaten Gunung Mas Triwulan III Tahun 2021.

Mempercepat pelaksanaan program dan kegiatan baik program dan kegiatan dari dana APBD maupun  APBN sesuai sasaran dan target kegiatan yang telah ditetapkan.

Hadir dalam acara tersebut unsur Forkopimda, Seluruh Pejabat Eselon II di lingkup Pemerintah Kabupaten Gunung Mas dan Pejabat Eselon III terundang.