Kuala kurun gunungmaskab.go.id – Bupati Gunung Mas Jaya Samaya Monong, dengan resmi membuka kegiatan Jambore Cabang, Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Gunung Mas Tahun 2021, yang dilaksanakan di Taman Hutan Raya (Tahura) Lapak Jaru, Kamis (4/11/2021).

Dalam sambutannya Bupati menyampaikan, bahwa dalam Undang Undang Nomor 12 Tahun 2010, gerakan pramuka bertujuan untuk membentuk setiap anggota pramuka agar memiliki kepribadian yang beriman, bertaqwa, berakhlak mulia, berjiwa patriot, taat hukum, disiplin dan menjunjung tinggi nilai luhur bangsa.

“Diantaranya memiliki kecakapan hidup sebagai kader bangsa, membangun Negara Kesatuan Republik Indonesia, dan mengamalkan Pancasila serta melestarikan lingkungan hidup,” kata Jaya (4/11).

Ia menjelaskan, gerakan pramuka merupakan suatu sistem pendidikkan non formal yang membantu dan melengkapi pendidikan formal.

“jadi gerakan pramuka adalah tempat menempa keterampilan dan pengetahuan, memupuk jiwa disiplin dan membina semangat kebersamaan bagi para anggotanya,” kata Jaya.

Lebih lanjut, Bupati mengatakan, gerakan pramuka adalah wahana penting untuk membentuk watak atau karakter kepribadian bagi generasi muda bangsa.

“Kegiatan jambore cabang tingkat Kabupaten Gunung Mas, dapat mendidik pramuka penggalang menjadi pramuka yang rajin, terampil dan gembira sesuai dengan nilai-nilai yang tercamtum dalam Tri Satya dan Dasa Dharma Pramuka,” ujarnya.

Saya harap dengan adanya jambore cabang ini dapat membentuk gerakan pramuka yang memiliki daya tarik sebagai kegiatan ekstra kulikuler.

”Saya minta dilakukan upaya peningkatan kualitas pembinaan serta pembenahan organisasi dan management, khususnya di Kabupaten Gunung Mas,” tandasnya.

Seusai upacara pembukaan Jambore Cabang, Bupati Gunung Mas beserta Wakil Bupati Efrensia L.P Umbing, Kapolres Gunung Mas AKBP Irwansah, S.I.K, Kejari Gumas Anthony, dan Ketua Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Kabupaten Gunung Mas, Mimie Mariatie Jaya Samaya Monong, menyempatkan diri untuk meninjau dan mengecek kesiapan anggota pramuka di setiap pos perkemahan pramuka dari 12 Kecamatan wilayah Gumas.