Kuala Kurun gunungmaskab.go.id – Sejumlah titik ruas jalan Kuala Kurun-Bawan  berkenaan dengan kondisi saat ini mengalami kerusakan dan sedang hangat dibicarakan di medsos.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Gunung Mas Baryen mengapresiasi bagaimana masyarakat turut membantu Pemerintah untuk bisa mengawasi termasuk juga memberi dorongan kepada Pemerintah dengan melakukan kritik di media sosial,” ucapnya saat dibincangi di ruang kerjanya, Kamis (4/11/2021).

Baryen mengatakan   ada pembagian urusan kewenangan untuk penanganan Jalan,  yang pertama adalah Jalan Nasional, yang menjadi kewenangan Balai Jalan dibawah Kementerian PUPR yang kedua Jalan Provinsi yang menjadi kewenangan Provinsi biasanya menjadi akses strategis Provinsi dan selanjutnya Jalan Kabupaten yang menjadi kewenangan Kabupaten.

Terkait dengan postingan yang ada di media sosial beberapa waktu terakhir kondisi ruas Jalan Kuala Kurun-Bawan ada beberapa titik yang menjadi cukup menarik untuk dicermati,  hal ini  terjadi karena reformasi struktur, penurunan kualitas yang menyebabkan kerusakan Jalan yang cukup parah dan menghambat transportasi.

Baryen menjelaskan kerusakan Jalan tersebut secara administratif berada di wilayah Kabupaten Gunung Mas. Tetapi Jalan yang ada adalah Jalan Provinsi sehingga kewenangan penanganannya adalah Provinsi.

Tidak hanya itu, ia menjelaskan walaupun berbeda kewenangan Pemerintah Kabupaten Gunung Mas juga selalu berkoordinasi dengan Dinas Pekerjaan Umum  Provinsi Kalteng khususnya dengan teman-teman Bidang Bina Marga.

“Kami meyakini bahwa pihak Provinsi Kalteng mempunyai kepedulian yang sama, memang ada beberapa kondisi  dimana  ruas alan tersebut dilalui oleh angkutan yang cukup berat, walaupun dalam waktu terakhir banyak diskusi tentang ruas Jalan tersebut termasuk mengaktifkan dan menyalurkan partisipasi/tanggung jawab sosial perusahaan untuk bisa turut melakukan perbaikan, cuma ini on the way masih dalam proses,” terangnya.

“Pihak Pemerintah Kabupaten Gunung Mas melalui Dinas Pekerjaan Umum secara aktif melakukan koordinasi demikian juga dengan  DPRD Kabupaten Gunung Mas juga sudah melakukan beberapa pendekatan dengan DPRD Provinsi untuk menyelesaikan kondisi-kondisi yang tidak nyaman ini,” katanya.

Sementara itu Kepala Bidang Bina Marga Bambang Jaya mengatakan, status Jalan tersebut merupakan kewenangan Provinsi, “kami berharap tahun depan ada kegiatan dari Dinas PUPR Provinsi Kalteng  untuk melakukan penanganan ruas  Jalan Kuala Kurun-Bawan  di wilayah Kabupaten Gunung Mas,” pungkasnya.