Kuala Kurun gunungmaskab.go.id – Wakil Bupati Gunung Mas (Gumas) Efrensia L.P Umbing memimpin rapat tim percepatan terpadu kepariwisataan  tahun 2021, dalam rangka pembahasan matrik kerja dan evaluasi akhir  yang telah diprogramkan pada rapat sebelumnya.

Dalam rapat tersebut Wakil Bupati didampingi Asisten II Setda Gumas Richard dan Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Eigh Manto. Kegiatan dilaksanakan di ruang rapat lantai I kantor Bupati Gunung Mas, Senin (6/12/2021).

Dalam kesempatan itu, Efrensia mengatakan matrik kerja tim terpadu percepatan pembangunan pariwisata, mulai dari pembuatan  pengecoran jalan 400 m, pembuatan gapura desa, perkebunan buah, pengembangan madu kelulut, budidaya ikan, perahu susur sungai, penegembangan shelter peristirahatan, pelatihan pengembangan SDM, promosi pemasaran dan publikasi.

“Kepada seluruh dinas terkait agar mengatur rencana pembangunan daerah wisata Desa Hurung Bunut dengan baik sesuai dengan program yang sudah dijalankan, paling tidak pembangunan yang sudah selesai dapat dimanfaatkan dan dinikmati oleh masyarakat,” ujarnya (6/12).

Ia menambahkan untuk pembangunan gapura desa hurung bunut, dan pengembangan madu kelulut itu nantinya dapat menjadi daya tarik wisatawan, “dengan adanya gapura desa dan budidaya madu kelulut ini bisa menjadi salah satu ikon desa wisata hurung bunut,” jelasnya.

Lanjutnya, untuk usaha budidaya ikan dapat menjadi salah satu daya tarik desa wisata dan sebagai penyangga pangan dari sektor perikanan, untuk wisata perahu susur sungai dapat tercipta objek wisata dengan memanfaatkan sumber air dilokasi DAM.

”Efrensis L.P. Umbing menyarankan desa wisata Hurung Bunut haruslah  dikelola dengan baik, seperti kuliner, kerajinan dan lainnya, itu otomatis  wisatawan lokal akan berbondong-bondong kesana. Karena adanya daya tarik menikmati dan mengunjunginya,” katanya.

“Saya harap perkebunan buah, tanamlah buah yang bernilai ekonomis seperti alpukat, jambu kristal, buah durian musang king dan buah-buahan yang bernilai.” tandasnya.