Kuala Kurun gunungmaskab.go.id – Bupati Gunung Mas Jaya Samaya Monong bersama Wakil Bupati Efrensia L.P. Umbing melakukan inspeksi proyek pembangunan strategis ke Kecamatan Sepang. Dalam kunjungan tersebut Bupati turut didampingi Kepala Dinas Pekerjaan Umum Baryen, Kepala Disdikpora, Kepala Dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan Hansli Gonak. Pada Senin (27/12/2021) kemarin.

Pada kesempatan itu, Jaya Samaya mengatakan, pembangunan proyek yang ditinjau adalah pembangunan sekolah, budidaya perikanan, pertanian, dan pengerjaan pile sleb jembatan sungai Kahayan sebagai penghubung antara Sepang Kota menuju Sepang Simin, hingga peningkatan jalan di Kelurahan Sepang Simin Kecamatan Sepang.

“Dalam monitoring pengerjaan proyek ini saya ingin memastikan secara kualitas memenuhi standar yang telah direncanakan. Dan semua proyek yang dikerjakan telah sesuai dengan target,” kata Bupati Gunung Mas Jaya Samaya Monong saat diwawancarai gunungmaskab.go.id.

Untuk itu, kata dia, kunjungan ini juga  sebagai evaluasi dan pengawasan realisasi anggaran untuk pembangunan tersebut. Dan dipastikan perkembangan pengerjaan proyek pembangunan infrastruktur, terutama jalan di Kecamatan Sepang sudah berjalan lancar sesuai dengan target.

“Peningkatkan pembangunan infrastruktur di Kabupaten Gunung Mas  dalam upaya mempermudah aksesibilitas orang dan barang dari kota hingga ke pedesaan, seperti yang dilakukan di beberapa desa di Kecamatan Sepang,” ujar orang nomor satu di Bumi Habangkalan Penyang Karuhei Tatau ini.

Sejumlah pembangunan infrastruktur, lanjut dia, bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya, memudahkan akses transportasi dan meningkatkan ekonomi masyarakat.

“Kami berharap dengan adanya pembangunan di ruas jalan Sepang Simin yang sudah dibangun dapat menunjang kelancaran mobilitas orang, barang dan jasa di wilayah Kecamatan Sepang,” tutur Jaya Samaya Monong.

Sementara itu Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Gunung Mas Baryen menyampaikan bahwa kunjungan Bapak Bupati dan Ibu Wakil Bupati hari ini adalah meninjau beberapa kondisi terkait pertanian, perikanan dan ketahanan pangan dan pengerjaan pile slab jembatan sungai Kahayan sebagai penghubung antara Sepang kota menuju Sepang Simin serta menunjau rusa jalan rekonstruksi Sepang Simin.

“Jalan ini adalah jalan yang ditangani melalui Dana Alokasi Khusus pada tahun ini dengan anggaran sebesar 14.164.000.000,- (Empat Belas Milyar Seratus Enam Puluh Empat Juta Rupiah) penanganan jalan berupa rekonstruksi dengan total panjang aspal adalah empat ribu dua ratus enam meter,” ungkap Kepala Dinas Pekerjaan Umum Baryen.

Baryen menambahkan ini adalah salah satu bagian dari program pengembangan infrastruktur yang digunakan untuk bisa mendukung tiga samart Pemkab Gunung Mas.

“Pengerjaan pile slab jembatan sungai Kahayan sebagai penghubung antara Sepang kota menuju Sepang Simin akan selesai pertengahan tahun 2022,” harapnya.

“Selanjutnya ada beberapa kegiatan multiyears yang dilakukan penanganan di Tahun 2021 ini baik yang ke Tumbang Napoi kemudian yang ke Tumbang Marikoi, kemudian yang ke Parempei di Kecamatan Rungan,” ungkapnya.

Baryen menerangkan untuk menangani ruas jalan yang dilakukan di dalam kota, yakni jalan manggis, jalan nenas, dan juga penggantian jembatan kahat Kelurahan Tampang Kecamatan Kurun.

“Saya berharap kepada rekan-rekan media untuk membantu perangkat daerah menyampaikan informasi yang benar tentang penanganan infrastruktur.”

Untuk pemeliharaan jalan dan jembatan tersebut dilakukan rutin dan ada peningkatan serta rekonstruksi. Salah satu untuk tahun depan yang sudah teranggarkan adalah rekonstruksi dengan dana (DAK).

“Untuk jalan yang baru saja kita tinjau untuk tahun depan ada peningkatan dana (DAK) sebesar delapan miliar,” pungkasnya.