Kuala Kurun gunungmaskab.go.id – Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Gunung Mas Tahun 2022 telah menyediakan lima paket kegiatan air bersih layak untuk masyarakat dengan menggunakan Dana Alokasi Khusus (DAK) di beberapa desa di wilayah Kabupaten Gunung Mas.
 
“Desa tersebut meliputi Tumbang Tambirah Kecamatan Kurun, Tumbang Empas, Kecamatan Mihing Raya, Sumur Mas, Sandung Tambun, Kecamatan Tewah dan Tumbang Mujai Kecamatan Rungan Hulu,” ucap Kepala Dinas Pekerjaan Umum melalui Kepala Bidang Cipta Karya Denie Jayaputra saat dibincangi di ruang kerjanya, Kamis (10/02/2022).
 
Dengan beberapa program air bersih layak untuk masyarakat, dalam rangka membantu penuntasan stunting dan peningkatan kesejahteraan hidup masyarakat miskin.
 
Denie Jayaputra menjelaskan, prioritas lainnya untuk desa rawan air bersih (Rawana) ini tidak masuk sebagai prioritas nasional yang didanai oleh DAK.
 
Menindaklanjuti hal tersebut untuk CSR sejauh ini belum ada yang membantu untuk pengadaan air bersih, karena CSR sendiri ranahnya ada di Bappedalitbang Kabupaten Gunung Mas.
 
“Upaya penetapan program pembangunan air bersih layak untuk masyarakat pada tahun 2022 ada empat sub kegiatan, yang pertama tentang air bersih, yang kedua sanitasi, yang ketiga bangunan, keempat penataan lingkungan,” ujar Denie Jayaputra, kepada gunungmaskab.go.id.
 
Oleh karena itu, kriteria desa yang layak mendapatkan paket kegiatan air bersih layak untuk masyarakat harus melewati dua skema, kemiskinan dan stunting.
 
Ia menambahkan, “Kalau ada Dana Alokasi Umum (DAU) kita mau membantu desa rawan air bersih, karena tidak ada DAU yang bersumber dari pendapatan APBN jadi tidak dapat terlaksana,” pungkasnya