Kuala Kurun Kurun gunungmaskab.go.id – Dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan Kabupaten Gunung Mas menerima Siswa Praktek Kerja Lapangan (PKL) Kelas XI Jurusan Agribisnis Perikanan Air Tawar SMKN 1 Kuala Kurun sebanyak 44 orang.

“Siswa SMKN 1 Kurun ini akan melakukan PKL di Balai Benih Ikan (BBI) di Kurun seberang selama 6 (enam) bulan,” ucap Kepala Dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan Drs. Hansli Gonak, Rabu (2/2/2022).

Disampaikan selama dalam pendidikan di sekolah banyak teori yang dipelajari tetapi, selama PKL mereka terjun langsung dalam rangka untuk melakukan kegiatan-kegiatan yang ada di BBI Kurun seberang di tiga komoditas, yakni ikan patin, nila dan gurami.

“Untuk saat ini SMKN 1 Kurun sudah yang kelima kalinya melaksanakan PKL di BBI Kurun seberang ini,” kata Hansli Gonak.

Dijelaskannya untuk hari ini sudah dilakukan pengenalan lapangan dan acara seremonial penyerahan dari pihak sekolah dan pada hari Senin tanggal 7 Maret 2022 akan dimulai prakteknya. Untuk jadwal praktek akan diatur dengan jumlah yang cukup banyak dibagi menjadi tiga kelompok, untuk menghindari jumlah orang yang berkerumun di masa pandemi Covid-19.

“Adapun yang akan dipraktekan oleh anak-anak Siswa SMKN 1 Kurun ini yang pertama pemijahan dari patin, nila dan gurami, pemilahan induk ini dari tiga komuditas itu langsung dibimbing oleh pihak balai dan rekan-rekan pemegang komoditas yang ada untuk membimbing anak-anak praktek langsung melihat dan bagaimana caranya pemijahan, pendederannya cara mengawinkan sampai proses panen,” katanya.

Dirinya pun meminta  kepada Siswa SMKN 1 Kurun supaya benar-benar bisa mendistribusikan ilmu yang didapatkan di BBI ini dan benar-benar menjadi bekal untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi dan melanjutkan aktivitasnya ke masyarakat di bidang perikanan.

Semetara itu Kepala Sekolah SMKN 1 Kurun yang diwakili oleh wali siswa Tuti, S.Pi menyampaikan ucapan terima kasih kepada Dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan Gumas karena sudah menerima dengan baik Siswa SMKN 1 Kurun dalam rangka Praktek Kerja Lapangan (PKL) di BBI Kurun seberang.

Sedangkan lanjut dia, ini sesuai dengan kurikulum 2013 revisi untuk SMK bahwa mereka di semester empat siswa kelas sebelas harus melakukan praktek kerja lapangan (PKL) pada Dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan Kabupaten Gunung Mas.

“Untuk itu dari pihak sekolah berharap sangat besar, karena di masa pandemi di sekolah mereka tidak maksimal baik itu teori maupun praktek, dengan mereka ditempatkan disisi ilmu lapangan dapat diperoleh secara maksimal, setelah mereka kembali ke sekolah memiliki kompetensi yang harus mereka capai,” tuturnya.