Kuala Kurun gunungmaskab.go.id – Babinsa Koramil 1016-04 Manuhing Serda Hendro mengikuti Kegiatan Sosialisasi protokol kesehatan, himbauan vaksinasi dan larangan penyalahgunaan bahaya narkoba bagi warga pendatang di wilayah Kecamatan Manuhing Kabupaten Gunung Mas.

Kegiatan tersebut diikuti oleh Lurah Tumbang Talaken beserta staf, Bhabinkamtibmas, Satpol PP dan Mahasiswa KKN Universitas Palangka Raya, Kamis (17/3).

Babinsa Koramil 1016-04 Manuhing Serda Hendro menjelaskan kegiatan tersebut bertujuan menghimbau warga binaan untuk tetap menerapkan protokol kesehatan saat melaksanakan aktivitas di luar rumah.

Selain itu sosialisasi ini bermaksud untuk memberikan himbauan bagi para pendatang, agar tetap menjaga silaturahmi serta komunikasi, sehingga tercipta kamtibmas yang kondusif di lingkungan masyarakat.

“Penduduk pendatang yang ada di wilayah Kecamatan Manuhing wajib mentaati peraturan daerah yang ada di tempat mereka tinggal, wajib hukumnya dalam waktu 2X24 jam bagi penduduk pendatang tersebut untuk melaporkan diri kepada aparat setempat,” tutur Babinsa.

Terkait keamanan wilayah sudah menjadi tanggung jawab TNI – Polri, sehingga di dalam penanganan permasalahan di lapangan tetap mengedepankan mediasi atau penyelesaian secara kekeluargaan.

Babinsa bersama Bhabinkamtibmas secepat mungkin meneruskan laporan baik terselesaikan maupun tidak sehingga bisa dicarikan solusi ditingkat Polsek maupun tingkat Kecamatan sehingga keamanan wilayah tetap terjaga.

Babinsa melalui Komunikasi Sosial (Komsos) merupakan agenda tugas kewilayahan dan juga instruksi dari Komando Atas, karena kegiatan tersebut sangat efektif dan bersentuhan langsung dengan semua elemen masyarakat.

“Dengan adanya Babinsa yang selalu memantau wilayah Desa binaannya akan mengetahui setiap perkembangan situasi yang ada, sehingga apabila terjadi suatu permasalahan, dengan cepat dapat diatasi dan diselesaikan,” Ungkap Serda Hendro. (Pendim 1016/Plk)