Kuala Kurun gunungmaskab.go.id – Wakil Bupati Gunung Mas (Gumas) Efrensia L.P. Umbing menjadi inspektur upacara pada peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) tingkat Kabupaten Gunung Mas yang digelar di halaman kantor Bupati Gumas, Jumat (13/5/2022).

Saat membacakan sambutan Menteri Pendidikan, Kebudayaan Riset, dan Teknologi Republik Indonesia Nadiem Anwar Makarim, Wakil Bupati Gunung Mas Efrensia L.P. Umbing mengatakan selama dua tahun terakhir, banyak sekali tantangan yang harus dihadapi bersama.

“Hari ini saudara-saudaraku, adalah bukti, bahwa kita jauh lebih tangguh dari semua tantangan, lebih berani dari rasa ragu dan tidak takut untuk mencoba. Kita tidak hanya mampu melewati, tetapi berdiri di garis depan untuk memimpin pemulihan dan kebangkitan,” katanya.

“Kurikulum merdeka, yang berawal dari upaya untuk membantu para guru dan murid di masa pandemi, terbukti mampu mengurangi dampak hilangnya pembelajaran. Kini kurikulum merdeka sudah diterapkan di lebih dari 140.000 satuan pendidikan di seluruh Indonesia. Itu berarti bahwa ratusan ribu anak Indonesia sudah belajar dengan cara yang jauh lebih menyenangkan dan memerdekakan,” terangnya.

Dia menambahkan bahwa para siswa dan siswi tidak perlu lagi takut dengan test kelulusan, dikarenakan assessment yang digunakan sekarang tidak bertujuan until “menghukum” para guru maupun murid, tetapi sebagai bahan refleksi agar guru terus belajar dan kepala sekolah untuk meningkatkan kualitas sekolahnya.

“Langkah kita hari ini sudah semangkin serentak, laju kita sudah semangkin cepat. Namun, kita belum sampai di garis akhir, maka tidak ada alasan untuk berhenti bergerak meski sejenak. Ke depan, masih akan ada angin yang kencang dan ombak yang jauh lebih besar, serta rintangan yang jauh lebih tinggi, dan kita akan terus memegang komando, memimpin pemulihan bersama, bergerak untuk merdeka belajar,” pungkasnya.