Kuala Kurun gunungmaskab.go.id – Karnaval Festival Budaya Isen Mulang (FBIM) 2022, digelar kembali di Bumi Tambun Bungai Palangka Raya, Selasa (17/5/2022) siang tadi.

Pelepasan Pawai Karnaval FBIM 2022 dilakukan langsung oleh Gubernur Kalteng Sugianto Sabran dan Wakil Gubernur Edy Pratowo, masing-masing didampingi istri ditandai dengan pengibaran bendera start dimulai dari Bundaran Besar.

Pada kesempatan tersebut Gubernur Kalteng menyampaikan, dengan dilaksanakannya FBIM 2022, diharapkan meningkatkan apresiasi masyarakat sehingga menjadi daya tarik wisatawan berkunjung ke Kalteng.

Karnaval budaya kontingen FBIM Kabupaten Gunung Mas mengangkat sinopsis exotic Gunung Mas merupakan brand pariwisata Kabupaten Gunung Mas dimana unsur pariwisata dibagi menjadi dua yaitu kebudayaan dan alam. Salah satu warisan budaya Kabupaten Gunung Mas adalah tokoh legenda suku dayak Tambun Bungai yang tercapai memiliki kekuatan (sakti).

Monumen Tambun Bungai terletak di desa Tumbang Pajangei, Kabupaten Gunung Mas dan dipercaya tinggal dan menetap di Desa Pajangei. Tambun Bungai menggambarkan tokoh yang bijaksana, berani, dan pantang menyerah.

Tokoh Tambun Bungai diwakili oleh seniman Kabupaten Gunung Mas dengan property Lundju dan Tombak, didampingi oleh peserta yang menampilkan tarian dan atraksi. Dengan harapan kita sebagai generasi selanjutnya dapat mengikuti jejak perjuangan dan keberanian Tambun Bungai dalam memperjuangkan Provinsi Kalimantan Tengah menuju KALTENG BERKAH.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Gunung Mas melalui Kepala Bidang Kesenian, Ahmadi berharap semoga kedepannya Karnaval FBIM 2022 dalam masa endemi akan terus berjalan seperti ini dan Kabupaten Gunung Mas selalu siap ikut serta dalam HUT Provinsi Kalteng.