Kuala Kurun gunungmaskab.go.id – Kontingen Festival Budaya Isen Mulang (FBIM) 2022 Kabupaten Gunung Mas berhasil meraih juara tiga lomba habayang puteri dan lomba karungut putera bertempat di UPT. Taman Budaya Jalan Temanggung Tilung Palangka Raya, Rabu (18/5/2022).

Ketua Panitia  Peserta Festival Budaya Isen Mulang (FBIM) 2022 Kabupaten Gunung Mas Elkewirke mengatakan bahwa dia bersyukur atas perolehan juara yang diraih oleh kontingen habayang puteri dan lomba karungut putera yang mendapat juara tiga.

“Kami berharap kedepannya agar kegiatan Festival Budaya Isen Mulang (FBIM) 2022 tetap dilaksanakan setiap tahun dan  berkelanjutan, karena sebagai wadah mempromosikan seni dan budaya daerah masing-masing agar dikenal dan diminati oleh kaum generasi muda sebagai penerus dan tidak punah serta tetap eksis ditengah derasnya arus modernisasi” ungkap Elkewirke.

Menurutnya untuk kedepannya seluruh peserta supaya dipersiapkan lebih matang lagi sebelum berangkat mengikuti kegiatan Festival Budaya Isen Mulang (FBIM).

Kemudian lanjut dia dalam persiapan kali ini kita belum memiliki persiapan selama dua tahun dikarenakan festival budaya mihing manasa Kabupaten Gunung Mas ditiadakan karena pandemi covid-19.

“Kami mengharapkan kepada seluruh peserta tetap semangat jaga sportivitas ini bagian partisipasi kita untuk mensukseskan FBIM tingkat Provinsi Kalimantan Tengah,” jelasnya.

Sementara itu pelatih lomba habayang putra maupun putri Munison berharap dapat mendapatkan lebih dari juara 3 namun dalam pertandingan tentu saja ada yang menang dan ada yang kalah.