Kuala Kurun gunungmaskab.go.id – Sekretaris Daerah Kabupaten Gunung Mas (Gumas) Yansiterson memberikan apresiasi kepada Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa atas pelaksanaan kegiatan rapat yang sifatnya mengarah untuk memperkuat koordinasi antar kelompok kerja Operasional Posyandu dalam kaitannya dengan pembinaan dan pengembangan Posyandu di Gumas Tahun 2022.

“Saya berharap melalui pertemuan ini segala permasalahan dan kendala yang ada baik di kabupaten, kecamatan  maupun tingkat desa dan kelurahan dapat terpecahkan bersama sehingga posyandu yang berada di Kabupaten Gunung Mas ini dapat lebih meningkatkan fungsi dan kinerjanya,” ujarnya saat membuka kegiatan RAPAT POKJANAL POSYANDU KAB. Gumas, Senin (13/6/2022).

“Agar OPD terkait dapat mensinergikan program dan kegiatan pada OPD masing-masing dalam mendukung tugas dan fungsi tim Pokjanal Posyandu Provinsi serta dapat membangun komitmen bersama, dan dalam mengimplementasikan tugas melalui program kerja dari masing-masing instansi agar memberikan kontribusi bahkan mendongkrak penilaian indikator strategis Posyandu, mulai dari pembinaan kader, keterpaduan pelayanan infrastruktur penunjang dan lain sebagainya.” Ujarnya

Yansiterson mengharapkan, melalui kegiatan Rapat  Pokjanal Posyandu, harus sungguh-sungguh melaksanakan tugas dan fungsinya dalam mengoptimalkan kinerja dan mengembangkan program Posyandu, sehingga nantinya pelayanan kesehatan dan sosial dasar masyarakat pada tingkatan paling bawah dapat terpenuhi.

“Pengalaman membuktikan bahwa jika penyelenggaraan Posyandu yang baik, maka pemenuhan kebutuhan dasar, pengembangan anak akan baik pula. Sebaliknya bila kinerja Posyandu tidak baik maka status gizi anak dan perkembangan anak akan terganggu,” paparnya.

Untuk itu lanjut dia, semua pihak harus mendukung operasionalisasi Posyandu, sebagai tempat berintegrasinya keswadayaan masyarakat dalam peningkatan tumbuh kembang bayi hingga pada saatnya nanti mereka menjadi tunas-tunas bangsa yang berkualitas.

Sementara itu, Ketua Panitia kegiatan Slamet Kristiawan mengatakan, Kegiatan Rapat Pokjanal Posyandu bertujuan untuk Memperkuat koordinasi antara Kelompok Kerja Operasional Posyandu dalam kaitannya dengan pembinaan dan pengembangan Posyandu di Kabupaten Gunung Mas Tahun 2022.

Hal tersebut untuk meningkatkan kualitas manajemen Pokjanal Posyandu, Membahas pelaksanaan pengembangan pengintegrasian layanan sosial dasar melalui Posyandu meliputi perbaikan kesehatan dan gizi, pendidikan dan perkembangan anak, peningkatan ekonomi keluarga, ketahanan pangan keluarga dan kesejahteraan sosial.

“Menyamakan persepsi antara anggota dalam kelembagaan Pokjanal Posyandu Kabupaten Gunung Mas dan Meningkatkan kepedulian OPD terkait untuk menyikapi permasalah-permasalahan pembinaan dan Pengembangan Posyandu.” Tambahnya