Pemkab Gumas Berencana Bangun Jalan Alternatif Bagi PBS

oleh | Sep 27, 2022 | BERITA, Berita OPD

Gunungmaskab.go.id – Kuala Kurun – Pemerintah Kabupaten Gunung Mas (Gumas) melalui Bagian Ekonomi Pembanguan Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten Gumas menggelar rapat tentang pembahasan rencana jalan alternatif atau jalan khusus untuk pengangkutan hasil PBS (Perusahaan Besar Swasta) yang melewati Kabupaten Gumas.

Rapat dipimpin oleh Asisten II Richard F.L dan Asisten I Lurand yang dilaksanakan di Aula Lantai I Kantor Bupati Gumas, Selasa (27/9/2022).

Rapat tersebut dilaksanakan bertujuan untuk segera memacu pembangunan jalan alternatif bagi PBS yang melewati Kabupaten Gumas, hal itu dilakukan dengan membentuk tim untuk melakukan survei kembali serta menghimpun data dari masyarakat juga melakukan berkoordinasi dengan perangkat daerah terkait di Provinsi Kalteng dan DPRD Provinsi Kalteng agar dapat memfasilitasi pertemuan antara pihak Pemkab Gumas dengan dengan pihak Pemkab Kapuas, mengingat jalan tersebut akan sering dilintasi dari pihak Kabupaten Kapuas.

Kepala DLHKP Yohanes Tuah (memegang microphone)

Untuk diketahui rencana pembangunan jalan alternatif tersebut berada di antara wilayah Pemkab Gumas dan Pemkab Kapuas, menurut hasil survei awal tim dari Bappedalitbang Gumas berdasarkan data yang sudah dipetakan melalui citra satelit, total panjang jalan tersebut sejauh 171 kilometer lebih yang mana tidak lebih dari 20 kilometer masuk wilayah Kabupaten Gumas dan sisanya masuk wilayah Kabupaten Kapuas.

Lebih lanjut saat dilakukan wawancara Asisten II Setda Gumas Richard F.L mengatakan menyikapi hal tersebut Pemkab Gumas akan membentuk tim kecil untuk melakukan survei kembali untuk mengetahui kondisi jalan ke wilayah tersebut, mengingat jalan tersebut dulunya merupakan bekas jalan yang aktif dilalui perusahaan yang kini telah ditumbuhi semak belukar akibat puluhan tahun tidak pernah digunakan. “Jadi memang langkah awal kita dengan membut alternatif dulu, kemudian kita rapatkan dengan membentuk tim kecil yang akan ditugaskan oleh Pemerintah Kabupaten Gunung Mas mensurvey jalan tersebut untuk mengetahui bagaimana kondisinya saat ini,” ujarnya.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Baryen (memegang microphone)

Ia pun berharap setelah pembangunan jalan ini nantinya selesai dibangun akan membawa dampak positif bagi peningkatan ekonomi masyarakat secara khusus yang ada di wilayah Kabupaten Gumas. “Semoga ini bisa cepat kita laksanakan, nantinya tidak hanya pihak PBS yang ada di Kabupaten Gunung Mas yang melintasi, tapi dari kabupaten lainpun bisa melintasi jalan ini seperti Kabupaten Kapuas juga Kabupaten Murung Raya,” pungkas Richard.

Turut hadir perwakilan masyarakat Berson, Damang Kurun Yehuda I. Emun, Kepala Dinas Pekerjaan Umum Baryen, Kepala DLHKP Yohanes Tuah serta perwakilan dari Perangkat Daerah terkait dan Camat Kurun Yuelis Untung.

Berita Terkini

Pengumuman

kembali ke atas
%d blogger menyukai ini: