Pemkab. Gumas Gelar Sosialisasi Pemanfaatan Sertifikat Elektronik

oleh | Nov 23, 2022 | BERITA, Berita OPD

Gunungmaskab.go.id – Kuala Kurun – Pemerintah Kabupaten Gunung Mas (Gumas) melalui Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik (Diskominfosantik) menggelar Kegiatan Sosialisasi Pemanfaatan Sertifikat Elektronik yang dilaksanakan di Aula Bappedalitbang, Rabu (23/11/2022).

Acara dibuka resmi oleh Wakil Bupati Gumas Efrensia L.P Umbing, dalam sambutannya mengatakan sosialisasi yang dilaksanakan hari ini merupakan sebagai upaya kita bersama dalam percepatan implementasi penyelenggaraan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik dalam hal pemenuhan aspek keamanan informasi serta memberikan pengetahuan dan wawasan serta manfaat dari Tanda Tangan Elektronik. “Kegiatan seperti ini saya anggap penting, karena sesuai dengan Peraturan Presiden No. 95 Tahun 2018 tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE),” ucapnya.

 

Untuk diketahui beberapa waktu yang lalu Pemerintah Kabupaten Gumas telah melalukan Perjanjian Kerja Sama dengan Balai Sertifikat Elektronik Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), dengan tujuan agar tata kelola pemerintahan yang dilakukan secara elektronik mampu menciptakan mekanisme tata kelola pemerintahan yang lebih terukur, cepat serta sesuai dengan perencanaan.

Wakil Bupati Gunung Mas Efrensia L.P Umbing saat membuka Acara.

Selain itu, Kepala Dinas Kominfosantik Ruby Haris saat menyampaikan laporannya menjelaskan, Sertifikat Elektronik adalah sertifikat yang bersifat elektronik yang memuat tanda tangan digital dan identitas yang menunjukkan status subjek hukum para pihak dalam Transaksi Elektronik yang dikeluarkan oleh BSrE BSSN selaku penyelenggara sertifikasi elektronik. “Tujuan digunakannya Sertifikat Elektronik adalah untuk menjamin integritas data, efisiensi waktu, serta penandatanganan data dapat dilakukan dimanapun dan kapanpun sehingga akan meningkatkan kepercayaan pemerintah,” tukasnya.

Ia juga menambahkan bahwa beberapa waktu yang lalu Diskominfosantik telah menyurati seluruh Kepala OPD dan Kecamatan se- Kabupaten Gumas untuk mengirimkan informasi data diri sebagai syarat untuk mendapatkan TTE (Tanda Tangan Elektronik). “Kami sampaikan pula hasil rekap dari data yang telah disampaikan kepada kami tercapai 100% sehingga tidak ada kendala dalam penyampaian data calon pengguna Tanda Tangan Elektronik di lingkungan Pemerintah Kabupaten Gunung Mas,” pungkas Ruby.

Acara dilaksanakan secara tatap muka terbatas yang dihadiri oleh seluruh kepala Perangkat Daerah dan Camat se-Kabupaten Gumas, dengan Narasumber yang terhubung secara virtual via Zoom dengan pihak BSrE (Balai Sertifikasi Elektronik).

Berita Terkini

Pemkab Gumas Gelar Perayaan Natal Gabungan

Pemkab Gumas Gelar Perayaan Natal Gabungan

Gunungmaskab.go.id – Kuala Kurun – Pemerintah Kabupaten Gunung Mas (Gumas) menggelar Perayaan  Natal Gabungan bersama DPRD, TNI, Polri, Korpri, PKK,...

Pengumuman

kembali ke atas
%d blogger menyukai ini: