Pemkab Gumas Selenggarakan Kegiatan Sosialisasi Penyelenggaraan Proses Belajar PAUD di Kecamatan Rungan

oleh | Okt 2, 2023 | BERITA

GUNUNG MAS – Pemerintah Kabupaten Gunung Mas (Gumas) melalui Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga, menyelenggarakan kegiatan sosialisasi Penyelenggaraan Proses Belajar Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Tahun 2023, di Kecamatan Rungan yang dipusatkan di GPU Gloria Kelurahan Jakatan Raya, Jumat (27/9/2023).

Bunda PAUD Kabupaten Gunung Mas Ibu Mimie Mariatie Jaya S. Monong, mengatakan, hari ini kita lakukan sosialisasi proses belajar transisi PAUD ke SD yang menyenangkan. “Tentunya ini untuk membangun kemampuan pada anak, dengan itu perlu dilakukan secara bertahap dan dengan cara yang menyenangkan agar manfaat baik dari pembelajaran tercapai,” Katanya, saat wawancara seusai kegiatan, (29/9).

Untuk mewujudkan proses transisi PAUD ke SD yang menyenangkan sambung mimie, satuan pendidikan perlu menghilangkan tes baca, tulis, dan berhitung (calistung) dari proses penerimaan peserta didik baru pada pendidikan dasar (SD).

“Ya, karena setiap anak memiliki hak untuk mendapatkan layanan pendidikan dasar, sangat tidak tepat apabila anak diberikan syarat tes untuk mendapatkan layanan pendidikan dasar,” ujarnya.

Iya juga menyampaikan, sosialisasi ini juga salah satu langkah untuk pembelajaran masa perkenalan bagi peserta didik baru selama dua minggu pertama dan menerapkan pembelajaran yang membangun enam kemampuan fondasi anak yang dibangun secara berkelanjutan dari PAUD hingga kelas dua pada pendidikan dasar.

“Dengan metode pembelajaran yang menyenangkan anak merasa senang dalam belajar, anak percaya bahwa dirinya pasti bisa asalkan mau berusaha, anak mampu mengelola emosi dan menghargai orang lain, anak dapat merawat diri dan barang-barang yang menjadi tanggung jawab diri, anak paham kata dan keterkaitannya dengan huruf serta bunyinya, anak mampu menyimak dan dapat mengutarakan gagasan sederhana” jelasnya.

Kegiatan ini dihadiri oleh, Camat Rungan, Camat Rungan Barat, Camat Rungan Hulu dan Camat Manuhing, Bunda PAUD Kecamatan Rungan, Bunda PAUD Kecamatan Rungan Hulu, Bunda PAUD Kecamatan Rungan Barat dan Bunda PAUD Kecamatan Manuhing, Bunda PAUD Kelurahan dan Bunda PAUD Desa Se- Kecamatan Rungan, Kecamatan Rungan Hulu, Kecamatan Rungan Barat dan Kecamatan Manuhing, Kepala Sekolah TK, KB,SPS dan TPA Se-Kecamatan Rungan, Kecamatan Rungan Hulu, Kecamatan Rungan Barat dan Kecamatan Manuhing.

Sementara itu ditempat yang sama Kepala Disdikpora yang diwakili Sekretaris Dinas, Osner Sagala menyambut baik dan mendukung kegiatan sosialisasi penyelenggaraan proses belajar pendidikan anak usia dini yang mana kegiatan ini berjutuan untuk memberikan arah yang sesuai dengan usia perkembangan anak pada semua aspek perkembangan diantaranya perkembangan nilai agama dan moral, fisik motorik, kognitif, bahasa, sosial emosional dan seni.

Lalu, Pendidikan Anak Usia Dini juga berfungsi untuk membina, menumbuhkan dan mengembangkan seluruh fotensi anak secara optimal sehingga terbentuk perilaku dan kemampuan dasar sesuai dengan tahap perkembangannya agar memiliki kesiapan untuk memasuki pendidikan selanjutnya.

“Saya harap dengan adanya kegiatan ini agar bunda PAUD desa, bunda PAUD kelurahan, bunda PAUD kecamatan, ibu-ibu kader PUAD, ibu-ibu kader Posyandu serta seluruh kepala sekolah dan guru yang ada di wilayah Kecamatan Manuhing, agar kita bisa bersinergi untuk mengaktifkan legalitas sekolah dan PAUD Holistik Integratif yang ada di wilayahnya masing-masing,” tukasnya.

Berita Terkini

Pengumuman