Pemkab Gunung Mas Gelar Kegiatan Rembuk Stunting Tingkat Kabupaten

oleh | Apr 11, 2023 | BERITA, Berita Bupati dan Wakil Bupati, Berita Desa, Berita Forkopimda, Berita Kecamatan dan Kelurahan, Berita OPD


Gunungmaskab.go.id – Kuala Kurun – Pemerintah Kabupaten Gunung Mas menggelar kegiatan Rapat Pelaksanaan Aksi 3 Rembuk Stunting Tingkat Kabupaten Gunung Mas Tahun 2023 yang bertempat di Aula Bappedalitbang Gunung Mas, Selasa (11/04/23)

Bupati Gunung Mas Jaya Samaya Monong dalam sambutannya menyampaikan bahwa pencegahan dan penurunan stunting merupakan hal yang sangat penting, dikarenakan bagian dari upaya pencapaian visi Kabupaten Gunung Mas yang bermartabat, maju, berdaya saing, sejahtera, dan mandiri (BERJUANG BERSAMA) dan misi kedua yaitu meningkatkan kualitas pembangunan sumber daya manusia.

“Maka ini merupakan salah satu wujud dukungan Pemerintah Daerah dan masyarakat Kabupaten Gunung Mas dalam rangka meningkatkan kesehatan masyarakat yang optimal, sehingga produktivitas masyarakat meningkat, dan menurunnya beban pelayanan kesehatan karena meningkatnya penyakit sebagai dampak yang disebabkan oleh stunting di masa yang akan datang, dengan harapan Kabupaten Gunung Mas tidak ada lagi stunting yang baru,” ujarnya.

Dirinya menjelaskan bahwa kegiatan rembuk stunting adalah salah satu langkah penting yang harus dilakukan pemerintah daerah untuk memastikan pelaksanaan rencana kegiatan, intervensi pencegahan dan penurunan stunting yang terintegrasi antara OPD penanggung jawab layanan.

“Saya mengharapkan dukungan dan kerjasama seluruh lintas sektor serta komitmen dalam mendukung program aksi percepatan penurunan stunting dan menjadi sebuah pilihan dalam mewujudkan derajat kesehatan yang lebih baik,” tandasnya.

Pada kesempatan yang sama Kepala Bappedalitbang Kabupaten Gumas Yantrio Aulia menerangkan untuk hasil yang diharapkan dari kegiatan rembuk stunting ialah komitmen penurunan stunting yang ditandatangani oleh Bupati, Wakil Bupati, DPRD, Camat, Lurah/Kepala Desa, Pimpinan OPD dan perwakilan sektor pemerintah dan tokoh masyarakat serta tokoh agama, dan rencana kegiatan intervensi gizi terintegrasi penurunan stunting yang telah disepakati oleh lintas sektor untuk dimuat dalam RKPD/Renja OPD tahun berikutnya.

“Dalam rembuk stunting ini juga dilakukan deklarasi komitmen bersama Pemerintah Daerah dan membangun komitmen publik dalam kegiatan penurunan stunting terintegrasi di Kabupaten Gunung Mas,” tutupnya.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Wakil Bupati Gumas Efrensia L.P Umbing, unsur Forkopimda, , Ketua TP PKK Mimie Mariatie Jaya S. Monong, Kepala Perangkat Daerah terkait,semua Camat dan Kades se-Kabupaten Gumas, tokoh agama serta tokoh masyarakat .

Berita Terkini

Pengumuman