Satkamling Diharapkan Wujudkan Situasi Kamtibmas yang Kondusif

oleh | Mei 5, 2023 | BERITA

Gunungmaskab.go.id – Kuala Kurun – Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia Kabupaten Gunung Mas (Gumas) Yansiterson menghadiri kegiatan deklarasi revitalisasi Satuan Keamanan Lingkungan (Satkamling) yang bertempat di Pos Kamling Rt. 06 Jalan Delima Kelurahan Tampang Tumbang Anjir, Kamis (04/05/23).

“Kita akan menggelorakan dan mengaktifkan kembali poskamling di seluruh daerah Kabupaten Gunung Mas” ucapnya ketika menyampaikan sambutan dari Bupati Gumas Jaya Samaya Monong.

Ia berucap bahwa jajaran pemerintah daerah mulai dari RT, RW, kepala desa, lurah, dan camat, harus mendukung revitalisasi satkamling, dan menindaklanjuti revitalisasi satkamling di wilayah masing-masing.

“Menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat bukan hanya menjadi tugas Polri/TNI, masyarakat umum juga memiliki tugas untuk menjaga kamtibmas dengan salah satu cara yaitu mengaktifkan satkamling di wilayahnya masing-masing,” jelasnya

Dirinya pun berpesan agar masyarakat mengingat dan mengetahui isyarat yang muncul apabila satkamling berjalan, diantaranya apabila kentongan atau lonceng berbunyi dua kali maka tandanya situasi aman dan petugas berada di lokasi, dan apabila kentongan atau lonceng berbunyi 15 kali maka tandanya ada emergency atau kejadian berbahaya terjadi.

Pada kesempatan yang sama, Kapolres Gumas AKBP Asep Bangbang Saputra mengatakan situasi kamtibmas yang kondusif tentu sangat diharapkan oleh seluruh masyarakat untuk dapat diwujudkan, sehingga menimbulkan perasaan tentram dan damai bagi setiap masyarakat.

Dirinya mengatakan bahwa kegiatan deklarasi revitalisasi satkamling tersebut memiliki arti penting bagi masyarakat Gumas, yang mana satkamling merupakan aktivitas kesadaran yang berdasarkan atas kesamaan maksud dan tujuan sebagai pencegahan dini gangguan kamtibmas .

“Kegiatan ini hendaknya menjadi wujud sinergitas Polri dan masyarakat untuk berpartisipasi dan peduli dalam meningkatkan kepekaan dan daya tangkal masyarakat dalam masalah keamanan dan ketertiban di lingkungan masing-masing” imbuhnya

Beliau berharap dengan mengaktifkan lagi satkamling di lingkungan masing-masing bisa mewujudkan situasi kamtibmas yang kondusif di wilayah hukum Polres Gumas.

Kegiatan ini dihadiri oleh Ketua RT di Kelurahan Tampang Tumbang Anjir, Bhabinkamtibmas , Babinsa, Tokoh Agama, Tokoh Adat, Tokoh Pemuda, dan tamu undangan lainnya

Berita Terkini

Pengumuman