Siap Hadapi Inflasi Pangan Dengan Gerakan Menanam Cabe (Sakuyan Lombok)

oleh | Okt 4, 2022 | BERITA, Berita Bupati dan Wakil Bupati

Gunungmaskab.go.id – Kuala Kurun – Pemerintah Kabupaten Gunung Mas (Gumas) menggelar kegiatan Gerakan Menanam Cabe (Sakuyan Lombok) yang dilaksanakan di areal persawahan Balai Pertanian Kurun seberang, Selasa (4/10/2022).

Kegiatan ini dilakukan sebagai bentuk komitmen dan kehadiran Pemerintah Kabupaten Gumas untuk mendukung Smart Agro, dengan mengalokasikan anggaran dalam perubahan APBD Tahun 2022 sebesar Rp. 400.000.000,- kepada Dinas Pertanian Kabupaten Gumas, dana tersebut digunakan untuk Bidang Peternakan meliputi bantuan Pakan Ternak untuk Petani Ayam Petelor dan Bidang Tanaman Pangan dan Hortikultura meliputi bantuan sarana produksi untuk para petani cabe dan bantuan bibit cabe dalam polybag kepada rumah tangga.

Bupati Gunung Mas Jaya Samaya Monong

Kegiatan ditandai dengan penanaman bibit cabe yang dilakukan oleh Bupati Gumas bersama-sama dengan unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FKPD) Kabupaten Gumas di areal yang sudah disediakan.

Pada saat menyampaikan sambutannya Bupati Gumas Jaya Samaya Monong mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak atas terselenggaranya kagiatan tersebut. “Selaras dengan program Smart Agro Pemerintah Kabupaten  Gunung Mas, karena merupakan pembangunan Smart Agro Pertanian yang berkelanjutan terdiri dari berbagai komoditas tidak hanya tanaman pangan dan hortikultura saja akan tetapi peternakan dan kesehatan hewan, demikian juga dengan perkebunan,” tukasnya.

Gerakan Menanam Cabe (Sakuyan Lombok) ini yang melibatkan para petani, hal ini dilakukan mengingat para petani akan berkontribusi banyak dalam pengendalian inflasi khususnya komoditas cabe, maka komoditas cabe ini sangat strategis karena para petani yang secara langsung menjadi pelaku utama dalam pembangunan di sektor pertanian.

Foto Bersama

Lebih lanjut Bupati Gumas Jaya Samaya Monong juga meminta kepada petani yang mengikuti Gerakan Nasional Pengendalian Inflasi Pangan agar benar benar manfaatkan sarana produksi yang telah dibantu dalam mengelola tanaman cabe dan ayam petelor dengan baik.

Turut hadir Anggota DPRD Gumas Komisi II Rayaniati Djangkan, Ketua TP-PKK Gumas Mimie Mariatie Jaya S. Monong, Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Gumas Letus Guntur, serta para petani yang tergabung dalam Kelompok Tani Perkumpulan Bangsa Nusa Berkelanjutan.

Berita Terkini

Pemkab Gumas Gelar Perayaan Natal Gabungan

Pemkab Gumas Gelar Perayaan Natal Gabungan

Gunungmaskab.go.id – Kuala Kurun – Pemerintah Kabupaten Gunung Mas (Gumas) menggelar Perayaan  Natal Gabungan bersama DPRD, TNI, Polri, Korpri, PKK,...

Pengumuman

kembali ke atas
%d blogger menyukai ini: