Sukseskan Smart Tourism Dengan Lomba Mural Jalan Di Desa Upon Batu

oleh | Des 10, 2023 | BERITA, Berita Bupati dan Wakil Bupati, Berita Desa, Berita Pelayanan Publik

Gunungmaskab.go.id – Kuala Kurun – Pemerintah Kabupaten Gunung Mas (Gumas) menggelar Lomba Mural Jalan, dalam rangka Festival Mural Kabupaten Gunung Mas Tahun 2023, yang dilaksanakan di Desa Wisata Upon Batu Kecamatan Tewah, Sabtu (09/12/2023).

Lomba ini bertujuan untuk mensukseskan salah satu program Pemkab Gumas yaitu Smart Tourism, maka dari itu lomba ini sengaja dibuka bagi masyarakat umum yang memiliki bakat seni lukis untuk turut serta berpartisipasi, namun kali ini menggunakan media jalan aspal seluas 2,5 m x 3 m, kemudian dibagi dalam tiga segmen lokasi, sehingga masing-masing segmen tersebut ada berisi delapan sub tema tentang kearifan lokal budaya suku Dayak Ngaju Kalteng yang telah ditentukan secara acak oleh panitia di badan jalan utama desa menuju Objek Wisata Batu Suli.

Jaya Samaya Monong

Tema yang diusung yaitu : Pariwisata Pedesaan (Rural Tourism), dengan total hadiah yang diraih adalah sebesar Rp. 37.500.000. Dengan rincian sebagai berikut : Juara I mendapat hadiah uang sebesar 10 Juta Rupiah plus tropi dan sertifikat, Juara II mendapat hadiah uang sebesar 8 Juta Rupiah plus tropi dan sertifikat, Juara III mendapat hadiah uang sebesar 6 Juta Rupiah plus tropi dan sertifikat, Juara Harapan I mendapat hadiah uang sebesar 4 Juta Rupiah plus tropi dan sertifikat, Juara harapan II mendapat hadiah uang sebesar 3 Juta Rupiah plus tropi dan sertifikat, dan juga juara kategorial meliputi : Cultural, Natural dan Historical, masing-masing mendapatkan hadiah uang sebesar 1,5 Juta Rupiah plus tropi dan sertifikat, serta untuk peserta yang berpartisipasi namun tidak meraih juara juga mendapat hadiah uang masing-masing sebesar 500.000 Rupiah.

Foto Bersama dengan para pemenang

Inilah nama-nama yang meraih juara dalam Lomba Mural Jalan pada Festival Mural Kabupaten Gunung Mas Tahun 2023 adalah sebagai berikut : Juara I diraih oleh Noor Ipansyah dengan nilai skor 2.135 sub tema Betang Singa Keting; Juara II diraih oleh B & T Team dengan nilai skor 2.132 sub tema Manasal; Juara III diraih oleh Ulew Team dengan nilai skor 2.127 sub tema Mandui Hajau; Juara Harapan I diraih oleh Masdi dengan nilai skor 2.108 sub tema Malan; Juara Harapan II diraih oleh Ahmad Dimiyati dengan nilai skor 2.094; Juara Harapan III diraih oleh SBB Pekata dengan nilai skor 2.053 sub tema Marengge; dan Juara Kategori Cultural diraih oleh Pandepokan Parei dengan sub tema Kapung Manuk; Juara Kategori Natural diraih oleh Tim 2 Maraung Duhung dengan sub tema Malunta; Juara Kategori Historical diraih oleh Cia Rici dengan sub tema Batu Suli.

Foto bersama Panitia dan Para Peserta

Adapun yang menjadi Juri Penilai dalam lomba tersebut berjumlah lima orang yaitu Bupati Gunung Mas Jaya Samaya Monong; Mimie mariatie Jaya Samaya Monong; Kepala Dinas PU Baryen; Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Hansli Gonak dan Ucun A. Tingang.

Bupati Gunung Mas Jaya Samaya Monong mengucapkan terima kasih kepada pada pihak dan masyarakat yang telah mendukung terselenggaranya kegiatan ini, ia pun menyampaikan apresiasi dan ucapan selamat kepada para pemenang lomba.

Proses pembuatan gambar

Penilaian oleh para Juri

“Selamat kepada para pemenang, dan bagi yang belum berhasil meraih juara tetap semangat, karya anda semuanya dihargai, terima kasih,” ucap Jaya.

Selain itu, dirinya juga berpesan kepada masyarakat agar senantiasa menjaga dan memelihara mural jalan yang telah dibuat serta objek wisata yang ada di sekitar Desa Upon Batu.

Berita Terkini

Pengumuman