Wakil Bupati Gunung Mas Melepas Kontingen Festival Budaya Isen Mulang Tahun 2023

oleh | Mei 24, 2023 | BERITA, Berita Bupati dan Wakil Bupati

Kuala Kurun- Wakil Bupati Efrensia L.P Umbing secara resmi melepas kontingan Kabupaten Gunung Mas untuk mengikuti lomba dalam Festival Budaya Isen Mulang tahun 2023 di Palangka Raya pada tanggal 21 sampai dengan 27 Mei 2023, pelepasan berlangsung di halaman Kantor Bupati Kabupaten Gunung Mas, Jumat pagi (17/05/2023).

Kegiatan pelepasan kontingen Gunung Mas dihadiri oleh Assisten Administrasi Umum Letus Guntur didampingi tamu undangan lainnya.

Dalam sambutannya Wabup menyampaikan “Festival Budaya Isen Mulang ini merupakan event yang dilaksanakan setiap tahun oleh Provinsi Kalimantan Tengah melalui Dinas Kebudayaan dan Priwisata Provinsi Kalimantan Tengah, dalam pandangan saya, kegiatan Festival Budaya Isen Mulang sangat positif memacu prestasi seniman dan olahragawan traditional Kabupaten Gunung Mas di tingkat Provinsi” ucapnya.

Dirinya juga mengharapkan kontingan Festival Budaya Isen Mulang Kabupaten Gunung Mas tahun 2023 dapat menjadi duta untuk memperkenalkan kesenian dan budaya Kabupaten Gunung Mas.

Dalam kesempatan ini juga ia mengharapkan seluruh kontingan agar senantiasa menjaga kesehatan selama kegiatan berlangsung dan menjaga kekompakan sehingga dapat berlomba dengan baik guna mendapatkan prestasi terbaik dalam event Festival Budaya Isen Mulang Tahun 2023.

Dalam laporan ketua kontingen Kabupaten Gunung Mas Elkewirke, menyampaikan bahwa dari 20 lomba yang diselenggarakan dalam Festival Budaya Isen Mulang Tahun 2023, Kontingen Kabupaten Gunung Mas ikut berpartisipasi dalam 13 cabang mata lomba yaitu diantaranya Lomba Karnaval Budaya, Lomba Manyipet, Lomba Tari Daerah, Lomba Karungut, Lomba Jukung Tradisional, Lomba Besei Kambe, Lomba Habayang,Lomba Balogo,Lomba Lawang Sakepeng  Lomba Mangaruhi, Lomba Mangenta, Lomba Pakasak Lamang, dan Lomba Pemilihan Jagau dan Bawi Nyai Kalimantan Tengah.

Dalam kesempatan yang sama juga setelah pelepasan dalam wawancara salah satu kontingen yang mewakili Kabupaten  Gunung Mas dari salah satu ajang  lomba Karungut  mengatakan “ Persiapan kami sebelum mengikuti lomba setiap sore kami latihan dan kadang kami latihan bisa sampai jam 11 malam karena target kami dalam lomba nanti ialah meraih juara 1 dan dapat mengharumkan Kabupaten Gunung Mas di Festival Budaya Isen Mulang ini”, ucapnya.

Berita Terkini

Pengumuman