MMCGumas – Jakatan Raya – Kegiatan Musabaqah Tilwatil Qur’an (MTQ) ke-XVII Tingkat Kabupaten  Gunung Mas (Gumas) Tahun 2024 secara resmi dibuka oleh Penjabat (Pj) Bupati Gumas, Herson B. Aden, bertempat di Area Utama Lapangan Baras Ngahai Jakatan, Kecamatan Rungan, Rabu (23/10/2024).

Dalam sambutannya, Herson mengatakan bahwa MTQ ke-XVII Tingkat Kab. Gumas Tahun 2024 merupakan momen yang sangat penting dan memiliki peran yang sangat strategis, baik dalam fungsi menjabarkan, mengembangkan dan mengimplemtasikan pokok-pokok ajaran keagamaan yaitu Al-Qur’an, diikuti dengan hadist Rasulullah sebagai bagian yang tak terpisahkan.

“Maupun sebagai fungsinya untuk melakukan pembinaan dan mendorong umat agar memiliki pemahaman, kesadaran dan tanggung jawab dalam pelaksanaan tuntunan agama didalam kehidupan pribadi dan kehidupan sosial kemasyarakatan,” sambungnya.

“Ditengah situasi kehidupan kebangsaan dan keagamaan dalam masyarakat kita yang sedang mengalami gelombang perubahan dan tantangan diberbagai bidang, ditengah  upaya kita memperkokoh pemahaman terhadap pluralisme dan multikulturalisme sebagai sebuah kenyataan dalam kehidupan, LPTQ dengan berbagai kegiatannya diharapkan lebih proaktif melakukan upaya menjaga kemurnian, kesucian dan kemuliaan kitab suci Al-Qur’an,” jelasnya.

“Kita patut bersyukur kepada Allah Tuhan Yang Maha Esa, dimana interaksi sosial antar umat beragama di Kab. Gumas sangat kondusif, hal ini karena terjalinnya kerjasama yang baik antara pemerintah daerah dan tokoh agama serta masyarakat yang ada di Kab. Gumas,” tandasnya.

Pada kesempatan yang sama, Ketua LPTQ Gumas, Jhonson Ahmad mengatakan bahwa penyelenggaraan kegiatan tersebut maksud dan tujuannya adalah  untuk memilih Qari dan Qari’ah terbaik pada semua cabang /golongan yang diperlombakan sebagai persiapan untuk mengikuti MTQ ke-XXXI Tingkat Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) Tahun 2024 yang akan dilaksanakan di Kota  Palangka Raya bulan  Desember 2024.

“Selain itu tentu kami berharap, semoga dengan semangat MTQ Ke-XVII tingkat Kab. Gumas dan nilai- nilai ajaran Al-Qur’an yang nanti kita perlombakan, menjadi stimulus dan sekaligus penghargaan serta penghormatan kepada masyarakat Kab. Gumas yang sedang giat-giatnya berbenah membangun Kab. Gumas dalam menyongsong masyarakat Kalteng yang maju, sejahtera, bermartabat,” imbuhnya.

Sementara itu, Sekretaris Panitia MTQ Ke-XVII tingkat Kab. Gumas Tahun 2024, Abdul Jalil Pakaya, dalam laporannya menerangkan bahwa terdapat 319 peserta yang terdiri dari perwakilan Kecamatan Sepang 60 orang, Kurun 45 orang, Tewah 45 orang, Kahayan Hulu Utara 25 orang, Manuhing 60 orang, Rungan Barat 40 orang, dan Kecamatan Rungan 45 orang

“Adapun lomba yang dipertandingakan diantaranya lomba Tilawah Anak, Fahmil Qur’an, Khath Al-Qur’an, Tartil, Tilawah Remaja, Tilawah Dewasa, Syarhil Qur’an, Hafizh Qur’an 1 juz ditambah dengan tilawah dan Hafizh Qur’an 5 juz ditambah dengan tilawah,” tutupnya.

Turut hadir pada kegiatan tersebut unsur Forkopimda atau yang mewakili, Sekda Gumas, Kepala Kementerian Agama Kab. Gumas , camat, lurah, kepala desa, tokoh agama, tokoh masyarakat dan tamu undangan lainnya.  

× Lapor Pak Bupati !