Rakordal dan Evaluasi Realisasi APBD Triwulan III Tahun 2022 Digelar

oleh | Okt 6, 2022 | BERITA, Berita OPD

Gunungmaskab.go.id – Kuala Kurun – Pemerintah Kabupaten Gunung Mas (Gumas) menggelar Kegiatan Rapat Koordinasi Pengendalian (RAKORDAL) dan Evaluasi Realisasi Pelaksanaan APBD Pemerintah Kabupaten Gunung Mas Triwulan III Tahun Anggaran 2022 yang dilaksanakan di Aula Bappedalitbang, Kamis (6/10/2022).

Maksud dan tujuan digelarnya Rakordal ini adalah untuk mengevaluasi hasil pelaksanaan rencana pembangunan sampai dengan Triwulan III Tahun Anggaran 2022 yakni data per 04 Oktober 2022. Selain untuk mengevaluasi pencapaian pelaksanaan rencana pembangunan berupa realisasi/informasi pembangunan baik keuangan maupun fisik yang didanai dari APBD dan APBN yang dilaksanakan oleh masing-masing Perangkat Daerah di Lingkup Pemkab Gumas, kegiatan ini juga bertujuan untuk menginventarisir permasalahan dan kendala yang dihadapi selama pelaksanaan pembangunan di Triwulan III Tahun 2022 serta tindak lanjut yang diperlukan kedepannya agar mempercepat pelaksanaan program dan kegiatan baik program dan kegiatan dari dana APBD maupun APBN sesuai sasaran dan target kegiatan yang telah ditetapkan.

Acara dibuka secara resmi oleh Asisten II Setda Gumas Richard F.L  di Aula Bappedalitbang, Kamis (6/10/2022).

Acara dibuka secara resmi oleh Bupati Gumas dalam hal ini diwakili oleh Asisten II Setda Gumas Richard F.L yang dihadiri oleh unsur Forkopimda Gumas, Anggota DPRD Gumas Yuniwa, Asisten III Yulius Agau, Kepala Perangkat Daerah, Lurah, Camat serta Kepala Bappedalitbang Gumas Yantrio Aulia selaku narasumber.

Saat menyampaikan pidatonya Asisten II Setda Gumas Richard F.L mengatakan target penyerapan anggaran adalah 85 % dan bila melihat dari realisasi penyerapan per tanggal 4 Oktober 2022 berada pada 64,80% untuk Pendapatan Daerah dan hanya 56,14% untuk Belanja Daerah. “Dapat diartikan kita tidak mencapai target realisasi baik anggaran maupun kinerja,” ucapnya.

Berfoto bersama

Itu berdasarkan data realisasi yang disampaikan Perangkat Daerah per tanggal 4 Oktober 2022 kepada Bappedalitbang, bahwa realisasi anggaran hingga Triwulan III Tahun Anggaran 2022 terdiri dari Pendapatan Daerah sebesar 64,80 %, dengan rincian :  Pendapatan Asli Daerah 57,81 %, Pendapatan Transfer 67,27 %, Lain-Lain Pendapatan Daerah Yang Sah 0,70 %, berikutnya Belanja Daerah sebesar 56,14 %, dengan rincian Belanja Operasional 58,04 %, Belanja Modal 46,62 %, Belanja Tidak Terduga 2,08 %, Belanja Transfer 63,27 %.

Lebih lanjut ia pun kembali menegaskan agar hal ini menjadi perhatian kita bersama untuk segera mengambil langkah-langkah strategis demi percepatan penyerapan anggaran disisa Triwulan pada Tahun Anggaran 2022 ini. “Dengan semangat BERJUANG BERSAMA semakin membulatkan tekad dan semangat kita untuk mewujudkan Kabupaten Gunung Mas yang Bermartabat, Maju, Berdaya Saing, Sejahtera, dan Mandiri” pungkas Richard F.L.

Berita Terkini

Pemkab Gumas Gelar Perayaan Natal Gabungan

Pemkab Gumas Gelar Perayaan Natal Gabungan

Gunungmaskab.go.id – Kuala Kurun – Pemerintah Kabupaten Gunung Mas (Gumas) menggelar Perayaan  Natal Gabungan bersama DPRD, TNI, Polri, Korpri, PKK,...

Pengumuman

kembali ke atas
%d blogger menyukai ini: