Bimtek Persiapan Pelaksanaan Pengadaan Barang/Jasa Diharapkan Mampu Meningkatkan Kualitas dan Kuantitas proses PBJ

oleh | Jan 25, 2023 | BERITA, Berita Bupati dan Wakil Bupati, Berita Forkopimda, Berita OPD

Gunungmaskab.go.id – Kuala Kurun – Wakil Bupati Kabupaten Gunung Mas Efrensia L.P Umbing membuka kegiatan bimbingan teknis persiapan pelaksanaan pengadaan barang/jasa dan strategi pengelolaan/pengendalian kontrak dalam pengadaan barang/jasa pemerintah yang bertempat di aula Bappedalitbang, Rabu (25/01/2023).

“Tujuan pelaksanaan bimbingan teknis secara umum adalah untuk berpartisipasi dalam rangka membantu program pemerintah untuk mensosialisasikan peraturan – peraturan atau perundangan yang berlaku, meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan memajukan pendidikan,” ucapnya ketika membacakan sambutan tertulis Bupati Kabupaten Gunung Mas Jaya Samaya Monong.

Dirinya menjelaskan maksud dari diadakannya bimbingan teknis ini adalah untuk mensosialisasikan peraturan perundangan yang terkait dengan menghasilkan barang ataupun jasa yang berkualitas dan wajar sehingga mampu memberikan manfaat sebesar besarnya dari uang yang dikeluarkan atau memiliki value for money.

“Berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 12 Tahun 2021 tentang Pengadaan Barang/Jasa pemerintah, pengadaan barang/jasa mempunyai peran penting dalam pelaksanaan pembangunan nasional untuk peningkatan pelayanan publik dan pengembangan perekonomian nasional dan daerah,” terangnya.

Lebih lanjut, dirinya berharap kegiatan ini mampu meningkatkan secara kualitas dan kuantitas proses PBJ yang sejalan dengan Instruksi Presiden Nomor 2 Tahun 2022 tentang Percepatan Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri dan Produk Usaha Mikro, Usaha Kecil, dan Koperasi Dalam Rangka Menyukseskan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia pada Pelaksanaan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah.

Pada kesempatan yang sama Kepala Bagian Pengadaan Barang dan Jasa pada Sekretariat Daerah Gumas Aryantoni mengatakan sasaran kegiatan pelaksanaan Bimbingan Teknis ini adalah aparatur selaku pelaku maupun aparatur yang berpotensi sebagai pelaku pengadaan barang/jasa pemerintah yang ada di lingkup perangkat daerah di Pemerintah Kabupaten Gunung Mas.

“Narasumber yang menyampaikan materi pada hari pertama terkait Persiapan Pelaksanaan Pengadaan Barang/Jasa adalah Bapak Samsul Ramli yang berasal dari SR Manajement Procurement Specialist. Sedangkan materi hari ke-2 terkait Strategi Pengelolaan/Pengendalian Kontrak dalam Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah disampaikan oleh Ibu Heni Mariati yang berasal dari Pusat Pengkajian Pengadaan Indonesia (P3I),” tandasnya

Berita Terkini

Pengumuman