Gunung Mas – Bupati Gunung Mas Drs. Arton S. Dohong meletakan Batu pertama pembangunan gedung gerja “BETANG” Santo Arnoldus Jassen Kuala Kurun, Minggu (10/6/2018).

Bupati mengatakan gereja yang dibangun menggunakan motif  BETANG, satu motif yang kental dengan budaya dan tradisi masyarakat Kalimantan Tengah, secara khusus masyarakat Kabupaten Gunung Mas.

Pemerintah Kabupaten Gunung Mas sangat mendukung dan mengapresiasi pembangunan Gereja yang bermotif “BETANG,” Karena Betang sebagaimana kita ketahui adalah rumah adat masyarakat dayak Kalimantan.

Bupati Gunung Mas Drs. Arton S. Dohong berpesan galanglah persatuan dan kesatuan antar pengurus Dewan Paroki sehingga pembangunan gereja ini dapat selesai tepat  waktunya, tanpa hambatan yang berarti. Gereja ini adalah tempat beribadah tempat memuji Tuhan dan nanti kela juga tempat ofjek wisata rohani,” ujar Drs. Arton S. Dohong Buapati Gunung Mas.

Pastor Paroki St. Arnoldus Janssen Kuala Kurun Pastor Lucius Sari Uran, SVD mengatakan, keputusan membangun rumah Tuhan dengan motif rumah BETANG ini, telah melewati proses yang panjang refleksi yang mendalam didiskusi dengan berbagai pihak serta meninjau secara langsung rumah BETANG.

“Dari proses ini kami menemukan bahwa rumah BETANG tidak kalah indah dengan bangunan-bangunan modern lainnya, kami berpendapat bahwa dari segi rohani didalam rumah BETANG ini kita merasa lebih dekat dengan Allah sebagai pencipta karena sisinilai-nilai kesederhanaan, kesetempatan, asli asali dan alami.

Sementara itu, Direktur Jaringan dan Layanan Bank BRI Osbal Saragi Rumaharbo mengatakan adalah sukacita besar bagi kita ketika kita terlibat membangun rumah Tuhan, karena saya seorang Kristiani semua oreng diberikan kesempatan untuk membangun rumah Tuhan. Karena ini merupakan pekerjaan mulia dihadapan Tuhan.

“BRI juga mendukung pembangunan rumah ibadah, tidak hanyak umat Kristen tapi agam lain islam misalnya, dan kita selalu mendukung ini adalah satu proses membangun kemuliaan, membangun harta kekal di sorga oleh karena itu, kami datang dari Jakarta ingin mensupprt dalam pembangunan gereja BETANG ST. Arnoldus Janssen Kuala Kurun.” Ungkap Osbal Saragi Rumahorbo.

Turut hadir Direktur Jaringan dan Layanan Bank BRI Osbal Saragi Rumahorbo, Komisaris Bank Rakyat Indonesia Sonny Keraf, Uskup Keuskupan Palangka Raya, Monsinyur Aloysius Sutrisana Atmaka, MSF, Ketua TP PKK Apristini Arton S. Dohong, yang mewakili Kapolres Gunung Mas, Sekda Kabupaten Gunung Mas Drs. Yansiterson, M.Si, Asisten I dan III Drs. Ambo Jabar, M.Si, Agung, SE Kepala SOPD,  serta undangan dan umat Katolik yang lainnya.

Ada penyerahan bantuan pembangunan Gereja Katolik St. Arnolddus Jansen oleh Bpk. Osbal Saragi Rumahorbo sebesar Rp. 1.000.000.000,- yang diterima oleh Pastor Lucius Sari Uran, SVD.

Press Release Bidang Pengelolaan Informasi Publik.