Bupati Gunung Mas Jaya S Monong, didampingi isteri Ny. Mimie  Mariatie Jaya S Monong, bersama Sekda Provinsi Kalimanatan Tengan Fahrizal Fitri.

Bupati Gunung Mas (Gumas) Jaya S. Monong menginginkan semua keluarga di Gumas adalah keluarga yang terencana, keluarga yang bahagia.

“Perencanaan dalam membangun keluarga itu sangat penting untuk mewujudkan keluarga yang bahagia. Kalau terencana, semuanya akan lebih mudah, semuanya akan menjadi baik,” kata  Jaya S. Monong dibincangi Minggu (7/7),  terkait kehadirannya pada puncak Hari Keluarga Nasional     ke-26 di kota Banjarbaru, Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), Sabtu (6/7/2019).

Bupati Gumas Jaya S. Monong menuturkan, perencanaan keluarga diawali saat pasangan suami isteri memulai hidup baru dengan merencanakan jumlah kelahiran. Jumlah kelahiran yang direncanakan akan mewujudkan ibu yang sehat serta anak yang juga sehat dan cerdas.

“Dia menjelaskan, tidak masalah anak lebih dari dua, asalkan diatur, dan saat hamil, asupan gizi untuk ibu hamil tercukupi dengan baik. Begitu juga halnya saat anak lahir, asupan gizinya terpenuhi dengan baik agar anak menjadi sehat dan pintar, sesuai dambaan suami isteri,” tukas Jaya.

Tidak hanya mengatur kelahiran, dia juga menginginkan keluarga-keluarga di Gumas dapat memiliki ketahanan keluarga yang baik serta keluarga yang sejahtera.

“Ketahanan keluarga di dalamnya ada kemampuan mental spiritual, ada sumber daya manusia yang baik yang didapat melalui pendidikan serta kesejahteraan keluarga yang didapat melalui kegiatan usaha yang dilakukan suami istri. Kami (Jaya-Efrensia) menginginkan keluarga-keluarga di Gunung Mas menjadi keluarga yang sehat, sejahtera, baik sumber daya manusianya, baik pula kehidupan spiritualnya,” ujarnya.

Sementara itu, Kadis Pengendalian Penduduk dan KB Isaskar menyatakan keluarga salah satu sumber kekuatan untuk membangun Gumas.

“Kemajuan Daerah ini tidak terlepas dari peranan keluarga. Keluarga yang sehat, keluarga dengan sumber daya manusia serta kehidupan spiritual yang baik menjadi motor penggerak  peningkatan kemajuan Gunung Mas. Melalui program Keluarga Berencana, keluarga yang sehat dan sejahtera akan terwujud,” pungkas Isaskar.