TUNJUKKAN : Kasi Pemberdayaan Masyarakat Pedesaan Novi Rela (kanan) menunjukkan hasil produk olahan unggulan dari masyarakat Desa Tumbang Pasangon, yakni Kerupuk Bawang Lemba, Senin (21/10) pagi.

Gunung Mas – Masyarakat Desa Tumbang Pasangon, Kecamatan Kahayan Hulu Utara (Kahut), Kabupaten Gunung Mas (Gumas) yang menjadi binaan dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) bidang Pemberdayaan Masyarakat, berhasil mengembangkan produk unggulan di desa tersebut.

”Dengan memanfaatkan bahan baku lokal, masyarakat disana mampu menghasilkan produk unggulan desa, berupa kerupuk bawang lemba (bawang dayak),” ucap Kepala DPMD Kabupaten Gumas Yulius Agau melalui Kasi Pemberdayaan Masyarakat Pedesaan Novi Rela, Senin (21/10) pagi.

Selain untuk dikonsumsi, lanjut dia, produk olahan rumah tangga berupa cemilan kerupuk tersebut, juga memiliki berbagai macam khasiat yang sangat baik untuk kesehatan masyarakat.

”Cemilan berupa kerupuk ini berkhasiat untuk menurunkan kadar kolesterol, hipertensi atau tekanan darah tinggi, dan lainnya,” ujar Novi.

Saat ini, tambah dia, Bawang Dayak tersebut juga sudah mulai dibudidayakan oleh masyarakat Desa Tumbang Pasangon. Ini memang harus dilakukan, agar nantinya mereka tidak akan kesulitan untuk mendapatkan bahan baku.

”Dengan adanya produk unggulan dari Desa Tumbang Pasangon ini, kita harapkan bisa menjadi pelecut semangat bagi masyarakat desa lainnya untuk menghasilkan produk unggulan bagi desa mereka masing-masing,” pungkasnya.