IRUP : Sekretaris Daerah Kabupaten Gumas Yansiterson menjadi inspektur upacara para upacara peringatan HUT ke 48 Korpri tahun 2019, di Halaman Kantor Bupati setempat, Jumat (29/11) pagi.

Gunung Mas  – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gunung Mas (Gumas) menggelar upacara dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke 48 Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri) tahun 2019, yang diikuti oleh ratusan Aparatur Sipil Negara (ASN). Bertindak sebagai inspektur upacara (irup) adalah Sekretaris Daerah (Sekda) Gumas Yansiterson.

”Melalui HUT Korpri ke 48, kami ingin seluruh anggota korpri untuk terus menerus bergerak mencari terobosan dan melakukan inovasi. Pelayanan yang ruwet, berbelit-belit, dan menyulitkan masyarakat harus dipangkas. Kecepatan melayani menjadi kunci reformasi birokrasi,” ucap Yansiterson saat membacakan sambutan Presiden RI Ir Joko Widodo, di Halaman Kantor Bupati setempat, Jumat (29/11).

Dia mengatakan, anggota korpri merupakan abdi negara yang menjalankan tugas dengan penuh dedikasi, untuk memastikan negara hadir di seluruh penjuru tanah air. Dengan kemajuan teknologi, cara kerja birokrasi juga harus berubah. Inovasi teknologi harus bisa mempermudah, bukan mempersulit pekerjaan.

”Kami minta kepada anggota korpri harus melakukan perubahan dan reformasi secara berkelanjutan. Tidak ada lagi pola pikir lama, kerja linear, dan rutinitas. Birokrasi harus berubah. Harus membangun nilai-nilai baru dalam bekerja, cepat beradaptasi dengan perubahan,” tegasnya.

Dia menuturkan, orientasi birokrasi harus berubah, bukan lagi berorientasi pada prosedur, tetapi lebih pada hasil nyata. Panjangnya rantai pengambilan keputusan harus dipercepat dengan cara penerapan teknologi. Selain itu, kurangi kegiatan seremonial, dan lebih meningkatkan produktivitas yang berorientasi pada hasil.

”Tugas birokrasi adalah memastikan masyarakat terlayani dengan baik, dan program pembangunan dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. Saat ini, sekedar melayani saja sudah tidak cukup, pelayanan yang diberikan harus diimbangi dengan kemudahan serta kecepatan,” terangnya.

Dia pun meminta kepada seluruh anggota korpri untuk percaya diri menghadapi tantangan kompetisi global. Kuncinya adalah harus menggalang persatuan. Tanpa persatuan, negara akan menjadi lemah dan pecundang.

”Untuk itu, kami ingin seluruh anggota korpri harus menjadi garda terdepan dalam merajut persatuan dan menjaga tali persaudaraan. Selamat bertugas kepada seluruh anggota korpri, lanjutkan pengabdian dan karya terbaik bagi masyarakat, bangsa, dan negara,” pungkasnya.