Gunung Mas – Peserta Didik kelas VIII SMPN Satu Atap 1 Manuhing pada hari Senin (17/2/20202) berhasil melakukan percobaan meluncurkan roket air. Hal ini lantaran mereka sedang mempelajari konsep tekanan pada pelajaran IPA.

Tri Pradjaka Wara Bhisma, S.Pd selaku guru IPA membimbing mereka melakukan percobaan tersebut. Dengan memanfaatkan bahan-bahan bekas seperti botol plastik air mineral yang terdapat di lingkungan sekitar, para peserta didik kelas VIII mencoba membuat roket air.

“Kami mencoba memanfaatkan bahan-bahan bekas seperti botol plastik air mineral untuk membuat roket air. Anak-anak saya bimbing selama dua minggu untuk membuat percobaan ini,” kata Tri.

Lebih lanjut Tri mengatakan bahwa kegiatan belajar seperti ini akan dijadikannya sebagai model pembelajaran, setelah melihat antusias peserta didik yang sangat tinggi. Ia melihat bahwa anak-anak sekarang lebih tertarik dengan gadget dan konten medsos, oleh karena itu sebagai guru perlu memahami apa yang disukai anak-anak. Dengan begitu media yang ada dapat dimanfaatkan sebagai sumber belajar.

“Setelah saya menjelaskan konsep pelajaran, saya menugaskan anak-anak mencari referensi di YouTube, kemudian langsung mempraktekkannya dan pada hari ini sukses diujicobakan,” tukas Tri.

Lora, seorang peserta didik mengaku senang dengan percobaan ini. Ia merasa lebih paham tentang konsep tekanan dan cara kerja roket air setelah mempraktekannya secara langsung.

“Ya, kami senang sekali belajar seperti ini, kami jadi lebih paham,” kata Lora