FOTO : Kasat Lantas Polres Gunung Mas AKP Rikky Operiady, S.Sos, SIK

KUALA KURUN gunungmaskab.go.id – Syarat tambahan bagi pemohon yang mengajukan penerbitan Surat Izin Mengemudi (SIM) akan segera diberlakukan, yakni surat keterangan sehat rohani yang dikeluarkan lembaga psikologi, dengan wajib mengikuti tes psikologi.

Sekarang ini, Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Gunung Mas (Gumas) mulai gencar melakukan sosialisasi terkait syarat itu, baik melalui media elektronik, media cetak, dan media sosial (medsos). Direncanakan, tahapan sosialisasi ini akan dilaksanakan selama dua minggu kedepan.

”Sangat penting bagi pemohon yang mengajukan penerbitan SIM untuk sehat rohani. Salah satu indikator sehat rohani yakni bisa mengendalikan emosi saat berkendara kendaraan roda dua maupun roda empat,” ucap Kapolres Gumas AKBP Rudi Asriman, SIK, melalui Kasat Lantas AKP Rikky Operiady, S.Sos, SIK, Kamis, 1 Oktober 2020.

Kasat Lantas mengatakan, dalam berkendara harus memiliki kesabaran dan tidak ugal-ugalan. Ini dibuktikan dengan surat keterangan sehat rohani. Yang terpenting adalah kesadaran seseorang akan pentingnya keselamatan dalam berlalu lintas di jalan raya.

”Kesadaran ada di dalam rohani seseorang. Ketika dia sadar akan pentingnya keselamatan berlalu lintas, pastinya akan berhati-hati dalam berkendara. Kalau tidak sadar, dia akan sesukanya saja berkendara. Ini juga untuk mengurangi terjadinya angka lakalantas,” ujarnya.

Contohnya, kata Rikky, ketika seseorang ingin berkendara meskipun dengan jarak hanya 100 meter, tentunya akan menggunakan helm. Kalau tidak sadar, dia pasti akan cuek dan mengabaikan penggunaan helm tersebut.

”Maka dari itu, sangat penting dengan adanya surat keterangan sehat rohani, dibuktikan dengan surat keterangan lulus oleh lembaga psikologi yang sudah bekerjasama dengan Polda Kalteng,” tuturnya.

Dia menambahkan, pelaksanaan tes psikologi akan diselenggarakan oleh pihak ketiga, yakni lembaga psikologi yang sudah terpercaya. Nantinya, akan dibuka cabang lembaga psikologi yang berkantor tidak jauh dari Kantor Satlantas Polres Gumas.

”Dengan demikian, pemohon penerbitan SIM bisa melaksanakan tes psikologi disana, dan hasil tesnya itu dibawa ke Kantor Satlantas saat ingin mengajukan permohonan penerbitan SIM,” tandasnya.