Kegitan Advokasi Kader Pembangunan Manusia Berbasis Aplikasi e-Human Development Worker, (EHDW) Kader Pembangunan Manusia (KPM) Tahun 2021.

Kuala Kurun gunungmaskab.go.id – Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Gunung Mas (Gumas) Yulius membuka kegitan Advokasi Kader Pembangunan Manusia Berbasis Aplikasi e-Human Development Worker, (EHDW) Kader Pembangunan Manusia (KPM) Tahun 2021 di Aula Hotel Zepanya, Kamis (18/3/2021). Kegiatan itu dilakukan sesuai protokol kesehatan.

“Saya memberikan apresiasi kepada panitia bahwa pelaksanaan kegiatan advokasi ini yang sifatnya mengarah kepada peningkatan kompetesi Kader Pembangunan Manusia (KPM) yang dilakukan secara berkelanjutan sehingga berdampak langsung pada masyarakat dan Pemerintah Desa dalam menyusun rencana usulan berbagai macam kegiatan tingkat desa berbasis data riil dan update,” ujarnya.

Yulius berharap Kader Pembangunan Manusia (KPM) dari 5 Kecamatan yang ada di Kabupaten Gunung Mas ini, yaitu Kecamatan Kurun, Kecamatan Mihing Raya, Kecamatan Sepang, Kecamatan Tewah dan Kecamatan Kahayan Hulu Utara agar benar-benar mengikuti kegiatan ini sebagai solusi digital yang mempermudah Desa dan KPM dalam pengumpulan data, pemantauan, pencatatan dan pelaporan.

Selain itu, Yulius juga berpesan, “agar Kader Pembangunan Manusia selaku mitra pemerintah khususnya yang bermitra langsung dengan Pemerintah Desa, bisa berkiprah dalam peningkatan kompentesi dalam peningkatan kompetensi dalam mengoperasi aplikasi e-Human Development Worker (EHDW) yang merupakan aplikasi seluler berbasis android sebagai alat bantu kerja kader Pembangunan Manusia (KPM), dalam kegiatan dalam pengumpulan data, pemantauan, pencatatan dan pelaporan penerimaan rumah tangga 1.000 hari pertama kehidupan,” pungkasnya.

Adapun tujuan dari kegiatan tersebut meningkatkan kapasitas dan kualitas dan SDM di Desa, meningkatkan kepedulian dan pemahaman masyarakat tentang masalah stunting, mempromosikan pengukuran tinggi badan balita sebagai deteksi dini stunting, meningkatkan konvergensi dan koordinasi dalam penanganan stunting dan meningkatan alokasi APBDes untuk kegiatan terkait gizi dan penanganan stunting.

Sebagai Narasumber Yulius Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Fitria Husnatarina Dosen Fakultas Ekonomi Universitas Palangka Raya, dr. Maria Efianti Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Gunung Mas, Yudianto Tenaga Ahli Pelayanan Sosial Dasar Kabupaten Gunung Mas.