Kuala Kurun gunungmaskab.go.id – Bupati Gunung Mas Jaya Samaya Monong membuka secara resmi Kegiatan Sosialisasi Penguatan PAUD Holistik Integratif di Aula Hotel Zefanya, Rabu (29/9/2021).

Jaya Samaya Monong saat menyampaikan arahannya mengatakan Anak usia dini merupakan penerus bangsa yang harus dipersiapkan agar tercipta generasi emas. Anak-anak butuh pengajaran yang menyeluruh agar pengembangan anak usia dini bisa berjalan dengan maksimal.

Anak usia dini diharapkan dapat menjadi anak yang memiliki inovasi dalam segala aspek nilai-nilai dalam pendidikan.

Oleh sebab itu, kegiatan sosialisasi PAUD Holistik Integratif ini bisa bermanfaat untuk anak didik kita yakni Anak PAUD. Sehingga, anak usia dini di masa mendatang bisa menjadi anak yang cerdas dan berakhlak mulia.

“Kita semua harus mendukung adanya PAUD Holistik Integratif yang terintegrasi agar anak-anak yang menjadi investasi bangsa bisa baik dari sisi kesehatan, pendidikan, perawatan dan penggunaannya menjadi satu kesatuan tidak boleh secara parsial,” ucap Jaya Samaya Monong.

Hal ini selaras dengan visi pembangunan Kabupaten Gunung Mas yaitu meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) melalui pendidikan yang berkualitas, berkarakter, bermoral, dan berakhlak mulia, sebagai salah satu pilar pembangunan yang dicita-citakan bersama.

“Kami berharap kegiatan sosialisasi PAUD Holistik Integratif ini dapat bermanfaat bagi seluruh peserta agar dapat meningkatkan kualitas anak usia dini yang ada di Kabupaten Gunung Mas,” terangnya.

Sementara itu, Bunda PAUD Kabupaten Gunung Mas Mimie Mariatie Jaya Samaya Monong mengatakan, tujuan dari kegiatan tersebut adalah sebagai acuan bagi penyelenggara, pengelola, dan pendidik dalam pelaksanaan PAUD HI di satuan PAUD, sebagai acuan bagi pemangku kebijakan PAUD baik di tingkat kabupaten dan kecamatan dalam membina pelaksanaan PAUD HI di satuan PAUD.

Sasaran kegiatan ini semua pihak/unsur yang terkait dalam pelaksanaan PAUD HI di satuan PAUD.

Narasumber Ibu Hana Pertiwi, M. Pd. selaku Koordinator Bidang I Pokja Bunda PAUD Provinsi Kalimantan Tengah, juga menjabat sebagai kepala seksi kelembagaan dan Sarana Pendidikan di Dinas Pendidikan Provinsi Kalimantan Tengah dan Ibu Siti Rahmah selaku anggota Bunda PAUD Provinsi Kalimantan Tengah dan bekerja sebagai guru di RA Perwanida 1 Palangka Raya.

Kegiatan sosialisasi penguatan paud holistik integratif diikuti oleh 50 orang yang terdiri dari Bunda PAUD Kecamatan, Ketua Pokja Bunda PAUD Kecamatan  dan Pengurus Bunda PAUD Kabupaten Gunung Mas.

Turut hadir Wakil Bupati Gunung Mas Efrensia L.P. Umbing, Kepala Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga Esra Camat Kurun, Yuelis Untung, Camat Sepang Sayusdi, dan undangan lainnya.