Kuala Kurun gunungmaskab.go.id – Kantor Pelayanan Penyuluhan dan Konsultasi Perpajakan (KP2KP) Kuala Kurun,  menyelenggarakan kegiatan Tax Goes to School tahun 2021 bekerja sama dengan SMK Negeri 1 Kurun, dengan peserta perwakilan siswa-siswi kelas X, XI, XII dan guru pendamping. Kegiatan dilakukan secara tatap muka namun tetap mematuhi protokol kesehatan sebagai upaya pencegahan Covid-19, Selasa (30/12/2021). 

Kepala KP2KP Kuala Kurun Alfin Subarkah, menyampaikan  bahwa untuk membangun masa depan Indonesia termasuk pembangunan di wilayah Gunung Mas perlu dipersiapkan generasi yang memiliki kesadaran pajak yang lebih baik. Budaya sadar pajak harus ditanamkan sejak dini melalui pendidikan agar kesadaran pajak menjadi salah satu karakter generasi bangsa yang cinta tanah air dan bela negara melalui kesadaran pajak. 

Dalam rangka itu, Direktorat Jenderal Pajak melakukan beberapa program kegiatan edukasi kesadaran pajak kepada generasi muda melalui pendidikan. Program ini dikenal dengan sebutan Inklusi Kesadaran Pajak dalam Sistem Pendidikan Nasional, mulai jenjang pendidikan SD sampai dengan Perguruan Tinggi.

Bentuk kegiatannya antara lain melalui Pembelajaran Muatan Kesadaran Pajak, Buku Ajar, Buku Pengayaan, microsite: edukasi.pajak.go.id, Tax GoesTo School, Pajak Bertutur.

 “Kegiatan Inklusi Kesadaran Pajak dalam Pendidikan juga telah diselenggarakan sebelumnya oleh KP2KP Kuala Kurun bekerja sama dengan Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Gunung Mas, pada tanggal 25 Agustus 2021 dalam bentuk kegiatan Pajak Bertutur 2021 di  SMP Negeri 6 Kurun,” ucapnya. 

Sementara itu, Kepala Sekolah SMK Negeri 1 Kurun Ari Sulistiyorini, menyampaikan terima kasih kepada Tim Penyuluh Perpajakan yang telah memberi kesempatan perwakilan peserta didik SMK Negeri 1 Kurun mengikuti kegiatan Tax Goes to School Tahun 2021 ini sehingga dapat memperkaya pengetahuan dan wawasan peserta didik tentang perpajakan.

“Saya berharap peserta didik sebagai generasi bangsa kelak menjadi generasi emas Indonesia yang cerdas, sadar, dan taat pajak. Ari menambahkan bahwa kegiatan positif ini sebisa mungkin dilakukan secara berkelanjutan dan dapat menjangkau siswa-siswi yang lebih luas lagi cakupannya di wilayah Kabupaten Gunung Mas,” ungkapnya. 

Pada kesempatan itu Tim Penyuluh dari KP2KP Kuala Kurun memaparkan mengenai apa itu pajak, jenis pajak, manfaat pajak, serta peranan pajak saat pandemi Covid-19.

Selain itu juga disampaikan juga tentang bela negara yang dapat dilakukan siswa-siswi saat ini dengan cara belajar lebih bersungguh-sungguh, mematuhi tata tertib sekolah dan juga mematuhi peraturan yang berlaku di luar lingkungan sekolah. 

Ketika kelak siswa-siswi sudah mempunyai penghasilan yang memenuhi kriteria harus dibayar pajaknya, maka membayar pajak juga merupakan bagian dari bela negara.

Dengan membayar pajak berarti ikut serta menjamin kelangsungan negara, pertahanan dan keamanan, peningkatan kesejahteraan masyarakat dan pembangunan bangsa. Acara berlangsung dalam suasana kekeluargaan, dan diselingi dengan games dan doorprize menarik dari Tim Penyuluh Perpajakan. Pajak Kita, Untuk Kita.