Kuala Kurun gunungmaskab.go.id – Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Persatuan Perawat Nasional Indonesia ke-48 tahun 2022  yang jatuh pada tanggal 17 Maret 2022. PPNI Kabupaten Gunung Mas menyerahkan sertifikat Satuan Kredit Profesi untuk perpanjangan Surat Tanda Registrasi sebanyak 5 SKP.

“Penyerahan itu merupakan penghargaan dari DPW PPNI Provinsi Kalimantan Tengah dan pengabdian masyarakat berupa kunjungan ke perawat yang sudah purna tugas,” ucap  Ketua Dewan Pengurus Daerah PPNI Kabupaten Gumas Rahmattambun, saat dibincangi awak media, Rabu (16/03/2022).

Dalam arahannya, DPD PPNI Gumas selaku organisasi profesi perawat merupakan perwujudan semangat profesi keperawatan dimana seluruh pelayanan keperawatan pada intinya berfokus pada menjaga dan meningkatkan status kesehatan klien keluarga dan masyarakat.

“Kedepannya organisasi PPNI di Kabupaten Gumas harus semakin berkembang dan terpelihara kesatuannya di masa yang akan datang. Dan tema HUT PPNI ke 48 Tahun 2022 adalah “Perawat Bersama Rakyat, Menuju Bangsa Sehat, Bebas dari covid-19 ujar Rahmattambun.

Kemudian dirinya pun menyampaikan, HUT kali ini menjadi momentum untuk mengingat kembali komitmen diri seorang perawat sebagai pelayan kesehatan masyarakat.  Komitmen ini sebagai push motivation factor bagi perawat untuk tetap melaksanakan tugas mulia profesi disegala situasi dan kondisi dalam melayani masyarakat menuju bangsa yang sehat bebas covid-19 

Lebih lanjut Rahmattambun mengatakan, sebagai pemberi asuhan keperawatan khususnya dimasa covid-19 perawat bukan hanya membantu masyarakat mendapatkan kembali kesehatannya melalui proses penyembuhan, namun tetap berfokus pada kebutuhan kesehatan masyarakat secara holistik yaitu promotif dan preventif.

Hal tersebut meliputi advokasi sosial kepada masyarakat untuk bertanggung jawab terhadap kesehatan dirinya dengan menaati protokol kesehatan serta memberikan edukasi vaksinasi covid-19 dalam rangka membangun kesadaran masyarakat sebagai bagian dari upaya pencegahan dan mendukung program pemerintah.

Ketua Dewan Pengurus Daerah PPNI Kabupaten Gumas Rahmattambun mengatakan keterlibatan dalam membantu program vaksinasi untuk kegiatan vaksinasi pencapaian target Kabupaten Gumas diharapkan perawat-perawat yang sudah terlatih dan memiliki sertifikat vaksinator bekerja lebih ekstra, dan bekerja sesuai SOP.

“Membuktikan bahwa kesehatan masyarakat, setiap perawat juga bertanggung jawab atas kesehatan dirinya sendiri.  Salah satu bentuk nyata dari hal ini adalah penggunaan alat pelindung diri ketika bertugas,” pungkasnya.