Kuala Kurun gunungmaskab.go.id – Wakil Bupati Gunung Mas Efrensia L.P. Umbing membuka kegiatan sosialisasi kebijakan kearsipan implementasi Srikandi dan bimbingan teknis aplikasi sistem informasi kearsipan dinamis terintegrasi  di lingkup Pemerintah Kabupaten Gunung Mas  Tahun 2022. Kegiatan dilaksanakan di aula Bappedalitbang pada (12/5/2022).

Dalam sambutan tertulis Bupati Gumas yang dibacakan Wakil Bupati Gumas Efrensia L.P. Umbing mengatakan, Berdasarkan undang undang nomor 43 tahun tahun 2009 tentang kearsipan menyatakan penyelenggaran kearsipan yang bertujuan untuk menjamin terciptanya ketersediaan arsip yang autentik dan terpercaya.

Lebih lanjut disampaikan, arsip akan dapat berperan dan berfungsi dengan baik maka perlu dikelola oleh tenaga fungsional  yang benar benar professional.

“Saya berharap pengelolaan arsip di Gumas harus mampu menangani dan mengelola arsip dengan baik, agar arsip tersebut tidak menjadi sulit dan tidak memerlukan waktu yang lama untuk diketemukan kembali guna memperlancar pelaksanaan tugas dan pengambilan keputusan secara cepat dan tepat,” ucapnya.

Ditempat yang sama Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Gumas Edwin Yustian mengatakan, bahwa kegiatan ini bertujuan untuk memberikan layanan pemerintahan yang lebih berkualitas, cepat, transparan terpercaya dan akuntabel pada semua tingkat pemerintahan dalam hal pengelolaan persuratan berbasis elektronik.

Menurutnya berdasarkan hasil audit pengawasan kearsipan Kabupaten Gunung Mas Tahun 2021 ditingkat Provinsi Kalimantan Tengah berada pada peringkat ke 3 dari 13 Kabupaten dan 1 Kota dan di tingkat Nasional  berada pada peringkat ke 130 dari 508 Kabupaten Kota se Indonesia.

Sosialisasi kebijakan, implementasi srikandi dan bimbingan teknis aplikasi sistem informasi kearsipan dinamis terintegrasi (Srikandi) di lingkup Pemkab Gumas Tahun 2022 sendiri dilaksanakan selama dua hari pada tanggal 12 sampai 13 Mei 2022.