Komitmen Pemkab Atasi Masalah Kesehatan dan Pencemaran

oleh | Agu 29, 2022 | BERITA

Gunungmaskab.go.id – Kuala Kurun – Pemerintah Kabupaten Gunung Mas (Gumas) melalui Dinas Lingkungan Hidup, Kehutanan dan Perhubungan (DLHKP) bersama Yayasan Tambuhak Sinta (YTS) menggelar kegiatan Inception Meeting Tindak Lanjut Proyek Rencana Aksi Kesehatan dan Pencemaran Kalimantan Tengah Tahap III yang dilaksanakan di Aula Bappedalitbang Gumas, Senin siang (29/8/2022).
Dalam hal ini acara dibuka oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Gumas Yansiterson.

Foto : Sekda Gumas Yansiterson melakukan foto bersama dengan para peserta dan tamu undangan di Aula Bappedalitbang Gumas, Senin siang (29/8/2022).

Dalam sambutannya Sekda Gumas Yansiterson mengatakan “Tujuan kegiatan ini adalah untuk memperkenalkan YTS dan proyek mengatasi masalah kesehatan dan pencemaran (Health and Pollution Action Plan – HPAP) sekaligus mensosialisasikan rencana proyek dan mendengarkan tanggapan dan komitmen Pemerintah Kabupaten Gunung Mas terkait rencana pelaksanaan proyek,” katanya.
Untuk diketahui tujuan proyek ini adalah menetapkan prioritas pencemaran yang berdampak pada kesehatan meliputi asap dari kebakaran hutan dan lahan (karhutla), merkuri dari sektor pertambangan emas skala kecil (PESK) dan pestisida dari sektor pertanian dan perkebunan.
Terkait hal ini, YTS bersama Bappedalitbang Provinsi Kalimantan Tengah telah mengembangkan kegiatan tindak lanjut yaitu diseminasi hasil penelitian ke pemerintah dan peningkatan kapasitas pemerintah dalam pengambilan data dampak pencemaran, sehingga rekomendasi dari hasil penelitian HPAP juga telah diadopsi kedalam dokumen RPJMD Kabupaten Gumas periode 2019-2024.
Selanjutnya tanggapan dan komitmen Pemkab Gumas terkait rencana pelaksanaan proyek dalam kegiatan ditandai dengan dilakukannya penandatangan Kesepakatan Kerja Sama antar YTS dan Pemkab Gumas yang dituangkan kedalam sebuah berita acara yang ditandatangani oleh pihak DLHKP dan YTS kemudian diketahui oleh Sekda Gumas. “Kegiatan hari ini merupakan bagian tindak lanjut dari Rencana Aksi Kesehatan dan Pencemaran Kalimantan Tengah Tahap III yang akan dilaksanakan pada periode Juni 2022 – Juni 2023,” pungkas Sekda.

Berita Terkini

Pengumuman

kembali ke atas
%d blogger menyukai ini: