MTQ dan FSQ Merupakan Momentum yang Sangat Penting

oleh | Agu 8, 2023 | BERITA, Berita Bupati dan Wakil Bupati, Berita Dewan Perwakilan Rakyat, Berita Forkopimda

 

Gunungmaskab.go.id– Kuala Kurun – Bupati Gunung Mas (Gumas) Jaya Samaya Monong membuka kegiatan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke-16 dan Festival Seni Qasidah (FSQ) ke-10 tingkat Kabupaten Gunung Mas Tahun 2023 yang bertempat di Taman Kota Kuala Kurun, Senin malam (07/08/2023).

“Musabaqah tilawatil Qur’an ke-16 dan festival seni qasidah ke-10 tingkat kabupaten gunung mas tahun 2023 merupakan momentum yang sangat penting dan memiliki peran sangat strategis, baik dalam fungsinya untuk menjabarkan, mengembangkan serta mengimplementasikan pokok – pokok ajaran keagamaan yang fundamental dan hakiki yakni Al-Qur’an, yang juga tentunya diikuti dengan hadist rasulullah sebagai bagian yang tidak terpisahkan,” ucapnya.

Dia mengatakan bahwa Pemkab Gumas sangat mengapresiasi dan penghargaan setinggi-tingginya atas pelaksanaan MTQ dan STQ tersebut ditengah situasi kehidupan kebangsaan dan keagamaan dalam masyarakat yang sedang mengalami gelombang perubahan dan menghadapi tantangan di berbagai bidang.

“Kita jangan sekali-kali puas karena melihat pengembangan syiar Al-Qur’an yang ditampilkan dalam setiap kali penyelenggaraan MTQ dan FSQ, akan tetapi ke depan kita harus lebih memperhatikan implementasi dan pengamalan ajaran Al-Qur’an itu dalam kehidupan sehari-hari,” terangnya.

Dirinya juga menambahkan bahwa interaksi sosial antar umat beragama di Kab.Gumas sangat kondusif, hal ini karena terjalinnya kerjasama yang baik antara pemerintah daerah dan tokoh agama serta masyarakat yang ada di Kab. Gumas.

Pada kesempatan yang sama Ketua LPTQ FSQ Gumas Jhonson Ahmad mengatakan bahwa kegiatan MTQ dilaksanakan setiap tahun secara berjenjangan dan telah menjadi program nasional, mulai dari tingkat kecamatan, kabupaten, provinsi, nasional, hingga internasional.

“Penyelenggaraan MTQ Ke- 16 dan FSQ Ke- 10 kali ini dengan maksud dan tujuan untuk memilih Qari dan Qari’ah terbaik pada semua cabang /golongan yang diperlombakan sebagai persiapan untuk mengikuti MTQ Ke-31 dan FSQ Ke- 10 Tingkat Provinsi Kalimantan Tengah Tahun 2023 yang akan dilaksanakan di Kota Pangkalan bun Kabupaten Kotawaringin Barat bulan November 2023,” tutupnya.

Kegiatan ini dihadiri oleh Unsur Forkopimda, Pj. Sekda Kab. Gumas, Anggota DPRD Kab. Gumas, Kepala OPD, Kepala MUI Kab. Gumas, Tokoh Agama dan Masyarakat, serta tamu undangan lainnya.

Berita Terkini

Pengumuman