Gunung Mas – Ujian Nasional berbasis komputer (UNBK) yang dilaksanakan Semua 18 SMP dan hanya sebagian sekolah saja yang masih memakai kertas di Kabupaten Gunung Mas (Gumas), pihak dinas Pendidikan dan kebudayaan di dearah setempat sedang meninjau langsung pelaksanaannya di salah satu SMPN 1 Kurun. Hal itu diungkapkan Kadisdik Gumas. “Sebagian saja sekolah yang tidak memakai komputer namun kebanyakan yang melaksanakan UNBK, dan alhamdulilah semua sekolah yang melaksanakannya kita lihat dan pantau lancar dan aman,” kata M Rusdi Kepala DIsdik Gumas saat dibincangi di SMPN 1 Kurun, Senin (23/4) pagi. 

Menurutnya hanya SMP Katolik yang mengalami kendala listrik namun sudah bisa teratasi, dirinya berharap pada UNBK ini tidak ada yang mengurangi angka kelulusan siswa, sehingga dalam uji coba kali ini bisa aman dan lancar tidakl ada mengalami gangguan listrik dan internet. “Kita berharap pada UNBK kali pertama pertama ini tidak ada yang bisa mengurangi angka kelulusan siswa kita yang ikut di ujian, dan bagi SMP Katolik sudah bisa teratasi kendala listrik dan sekarang berjalan lancar,” ujar Rusdi.

Sementara itu Kepala Sekolah SMPN 1 Kurun Ina Marita menjelaskan peserta yang mengikuti UNBK kali im berjumlah 212 yang untuk sesi pertama semuanya aman dan lancar yang diberikan pelayanan listrik dan Telkom dan juga didampingi oleh pihak kepolisian sehingga tidak ada kendala dalam ujian tersebut.

“Dalam UNBK kali ini semuannya aman dan lancar enjoy bagi siswa. Untuk sesi pertama kedua dan ketiga 78 siswa selanjutnya selama hari pelaksanaan tiga hari senin sampai kamis  sehingga kita berharap sampai berakhirnya ujian ini bisa berjalan aman tanpa hambatan,” imbuhnya.

Press Release Bidang Pengelolaan Informasi Publik.